Kenali dan Lestarikan Budaya Lokal

ANTUSIAS: Ratusan pelajar di Rasau Jaya antusias mendatangi dan mempelajari beragam koleksi peninggalan sejarah dan sejenisnya di pameran keliling museum Kalimantan Barat.Ashri/pontianak pos

Pelajar Rasau Jaya Sambangi Pameran Keliling Museum

RASAU JAYA – Suasana Gedung Serbaguna Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Rasau Jaya Kamis pagi (22/8) sekitar pukul 9.00 wib tampak lebih ramai dari biasanya. Lebih dari seratusan pelajar Kubu Raya termasuk pelajar dari daerah setempat tampak antusias mendatangi Gedung SKB untuk melihat langsung pameran keliling koleksi Museum Kalimantan Barat.

Tak sekedar melihat sejumlah barang-barang koleksi Museum, sesekali para pelajar melontarkan pertanyaan kepada petugas pameran untuk mengetahui sekaligus mempelajari peninggalan sejarah, termasuk hasil seni dan budaya yang ada.

Pelajar SDN 02 Rasau Jaya, Wincen mengaku senang dengan hadirnya pameran keliling yang menampilkan koleksi Museum Kalimantan Barat. Menurutnya, jika harus datang langsung ke Museum Kalbar jaraknya cukup jauh bagi anak usia SD sepertinya.

“Kalau sudah berpergian jauh, tentunya kami para pelajar SD ini harus izin dan ditemankan orang tua atau guru di sekolah, nah dengan adanya pameran keliling ini setidaknya memudahkan kami khususnya di SD Rasau Jaya ini untuk mengenal dan mempelajari beragam peninggalan sejarah, seni, budaya dan sejenisnya yang dimiliki Museum,” paparnya saat mengunjungi Pameran Keliling Museum di SKB Rasau Jaya.

Wincen pun berharap kegiatan serupa bisa rutin digelar sehingga akan lebih banyak pelajar yang bisa mengenal dan belajar langsung tentang beragam peninggalan sejarah, seni, budaya di Kalimantan Barat. “Dengan mengunjungi pameran ini, yang pasti juga bisa menambah pengetahuan tentang beragam hal dari masa silam,” ucapnya.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, Suhardi mengatakan Pameran  Keliling Museum dengan tema “Cintai dan Lestarikan Budaya”  merupakan sebuah pameran yang menampilkan koleksi Museum Kalbar yang digelar di gedung serbaguna SKB Rasau jaya. “Tidak hanya pelajar, pameran yang berlangsung dari tanggal 22 hingga 25 Agustus 2019 juga terbuka bagi semua lapisan masyarakat. Jadi siapa saja yang ingin mengetahui sekaligus mempelajari beragam peninggalan masa lalu yang ada di Museum bisa langsung datang ke stan pameran ini,”ungkapnya.

Suhardi menambahkan, mengenalkan beragam peninggalan sejarah, seni, budaya dan sejenisnya merupakan salah satu tugas UPT Museum dalam mewujudkan sistem pelayanan publik yang cerdas, cepat, ramah dan santun dalam rangka optimalisasi penyampaian informasi kebudayaan daerah Kalimantan Barat.

Usai membuka pameran keliling Museum, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kubu Raya, Heri Supriyanto mengapresiasi terlaksananya pameran Museum keliling. Menurutnya pameran tersebut bisa menjadi salah satu wadah untuk mengedukasi para pelajar dan masyarakat dalam membangun kecerdasan anak bangsa.

“Saya yakin dengan melihat dan belajar langsung bisa membuat para pelajar dan masyarakat lebih mengetahui dan mengenal beragam hasil kesenian, budaya, peninggalan sejarah dan sejenisnya, sehingga pada akhirnya juga membuat masyarakat termasuk kalangan generasi muda lebih bersemangat untuk melestarikan seni, budaya, beragam peninggalan sejarah dan sejenisnya yang ada di Kubu Raya termasuk di Kalbar secara umum,” pungkasnya. (ash)

Read Previous

Moeldoko Sebut Ada OPM di Balik Kerusuhan Papua

Read Next

Mahasiswa Papua Kerasan di Kalbar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *