100 Persen SMP/MTS Landak Siap UNBK

PANTAU: Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa saat memantau pelaksanaan UNBK SMP 2019 lalu. Dok. Istimewa

NGABANG – Seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Landak siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk kedua kalinya pada April 2020 mendatang. Saat ini, ada 54 SMP dan MTs telah siap menjadi pelaksana UNBK di Kabupaten Landak yang semua server-nya sudah tersinkronisasi. Seluruh SMP tersebut berjumlah 106 SMP dan 11 MTs negeri dan swasta. Dengan jumlah peserta UNBK berjumlah 7050 siswa. Tahun ini merupakan kali kedua Kabupaten Landak bisa menyelenggarakan UNBK untuk tingkat SMP.

“Dibandingkan tahun 2018 yang lalu, hanya 20 sekolah penyelenggara UNBK dan sisanya ujian dengan kertas dan pensil,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Landak Hery Mulyadi, di ruangannya Selasa (10/3).

Sedangkan untuk tingkat provinsi, hanya ada 2 kota/Kabupaten yang siap 100 persen menyelenggarakan UNBK, yaitu Kabupaten Landak dan Kota Singkawang. Sementara untuk kesiapan pelaksanaan UNBK, pihaknya berupaya untuk memaksimalkan hasil ujian tahun ini. Pihaknya sudah menempuh beberapa langkah yang mudah-mudahan bisa efektif untuk meningkatkan hasil ujian di Kabupaten Landak. “Ini sudah mulai kita sosialisasikan UNBK ini. Kemarin sudah kita lakukan kerja sama dengan STKIP Pamane Talino untuk pendampingan UNBK kepada 39 SMP. Sementara sekolah lainnya juga terus kita bimbing dan kita pantau kesiapannya,” katanya.

Ditanya mengenai kesiapan suplai listrik, ia mengatakan pihaknya sudah melayangkan surat resmi kepada PLN ULP Ngabang dan PT Telkom sebagai penyedia jaringan internet. Kemudian pihaknya juga sudah meminta sekolah untuk mengecek kesiapan komputer di sekolah penyelenggara agar kendala saat hari H dapat dihindari. “Kami sudah komunikasikan untuk mendukung kegiatan UNBK ini. Kami minta pihak PLN ntuk menyesuaikan jadwal perbaikan jaringan agar tidak berdampak kepada UNBK. Mudah-mudahan tidak ada kendala dalam pelaksanaan ke depan,” katanya. (mif)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!