11.600 Peserta Ramaikan Pawai Tahun Baru Islam

pawai taaruf

PAWAI: Pelajar melintas ruas Jalan Merdeka dengan mengenakan pakaian dan kostum unik lain. Pawai yang digelar untuk memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijriah ini, diikuti ribuan pelajar dari berbagai sekolah. SHANDO SAFELA/PONTIANAK POST

Sebanyak 11.600 peserta mengikuti kegiatan peserta pawai akbar menyambut tahun baru islam 1441 Hijriyah yang dilaksanakan di depan Kantor Wali Kota Pontianak, Minggu kemarin. Belasan ribu peserta pawai itu dilepas Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan.

“Tahun ini peserta pawai ta’aruf tahun baru Islam melibatkan 11.600 peserta. Mereka berjalan dengan rute yang telah ditentukan. Diharap, momentum tahun baru islam ini bisa menumbuhkan semangat mengagungkan agama bagi kaum muda,” ujar Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan.

Selain diikuti belasan ribu peserta dari kalangan pelajar dan SOPD di Pontianak, tahun ini pawai juga melibatkan 30 kendaraan hias dari SOPD dan kantor camat. Pandangan dia, rerata kendaraan hias yang ikut serta bernuansa bangunan masjid. Dari kendaraan hias bernuansa islami, diharap mampu memberikan pemahaman islam yang damai. Ketertiban dari tiap peserta dipandang dia juga menjadi gambaran agama islam rahmatan lil alamin.

Peringatan tahun baru Islam 1 muharram 1441 hijriyah harus menjadi momentum tepat untuk berhijrah (berpindah) dari keburukan menuju kebaikan. Momentum tahun baru hijriyah harus juga menjadi titik setiap individu untuk bisa mengkoreksi diri.

Semangat mengangungkan agama lanjut dia, juga harus bisa diimpelentasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan semangat itu mampu menghasilkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis. Harapan dia, pawai ta’aruf juga menjadi media dakwah bagi masyarakat.

Bahasan menambahkan semangat berhijrah harus dimunculkan dari setiap individu terutama anak muda. Pada era globalisasi saat ini generasi muda dengan bimbingan yang tepat dari tokoh agama akan melahirkan semangat untuk mengedepankan nilai-nilai agama.

“Generasi muda islam harus menjadikan momentum 1 muharam untuk bisa mengkoreksi diri agar bisa membuka lembaran baru dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Bahasan. “Ada 300 pelajar SMP 2 Pontianak ikut ambil bagian dalam pawai menyambut tahun baru islam tahun ini. Anak-anak rerata semangat mengikuti kegiatan. Padahal langit mendung,” ucap guru pendamping dari SMP 2 Pontianak, Ani.

Pandangan dia, pawai ta’aruf yang diikuti para pelajar ini sekaligus momentum mengenalkan perayaan tahun baru islam. Caranya dengan mengevaluasi diri agar di tahun baru ini para pelajar dapat semakin giat belajar. Mudah-mudahan juga, dari semangat pawai ta’auf ini, ratusan perwakilan pelajar SMP 2 Pontianak bisa menularkan pada teman-teman lainnya. Caranya dengan mengisi kegiatan-kegiatan positif.(iza)

Read Previous

Bupati Dukung Perusahaan Kembangkan Pendidikan

Read Next

91 Peserta Meriahkan Pawai Taaruf

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *