11 Ruko di Sandai Ludes Terbakar

TERBAKAR : Warga bahu membahu memadamkan api yang menghanguskan ruko di Pasar Sandai pada Rabu (9/9) malam. ISTIMEWA

KETAPANG – Kebakaran hebat kembali terjadi di Kecamatan Sandai. Kali ini kebakaran menghanguskan 11 bangunan ruko yang terletak di Pasar Sandai. Kebakaran diduga akibat konsleting listrik.

Kapolsek Sandai, AKP Muslimin, mengatakan kebakaran terjadi pada Rabu (9/9) sekitar pukul 18.40 WIB. Sebanyak 11 ruko yang terletak di Pasar Sandai, tepatnya di Dusun Indralaya Desa Sandai hangus terbakar. “Untuk penyebab kebakaran tersebut belum diketahui pasti. Namun dugaan sementara akibat hubungan arus pendek listrik,” katanya, kemarin (10/9).

Dia menjelaskan, saat kebakaran terjadi cuaca sedang hujan. Meski demikian, api tidak mudah dipadamkan dan merembet ke bangunan lainnya. Berdasarkan saksi mata yang berada di lokasi kejadian, api pertama kali muncul dari ruko yang ditempati Mansyur, untuk berjualan sembako. “Api bermula dari ruko milik saudara Mansyur yang berjualan sembako,” jelasnya.

Warga yang melihat kobaran api mencoba untuk memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, kobaran api terus membesar dan merembet ke ruko lainnya. Alhasil, 11 ruko yang digunakan untuk berjualan berbagai macam makanan dan kebutuhan lainnya, ludes terbakar. “Ruko yang terbakar ada yang berjualan buah, tempat makan, toko pakaian dan juga sembako,” ujarnya.

Muslimin menambahkan, pihaknya telah mendatangi dan melakukan olah tempat kejadian perkata. Pihaknya juga telah mendata identitas pemilik ruko yang terbakar. “Korban jiwa tidak ada. Sedangkan untuk kerugian material belum dapat dipastikan,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Sandai Kecamatan Sandai, Uti Fahrul, mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 18.40 WIB. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 22.30 WIB. Sulitnya memadamkan api karena tidak ada mobil pemadam yang standby di Pasar Sandai. “Perlu waktu cukup lama juga untuk memadamkan api. Sekitar pukul 22.30 WIB api baru bisa dipadamkan,” katanya.

Uti melanjutkan, akibat kebakaran tersebut ada 11 ruko ludes yang terbakar. Saat ini para korban kebakaran mengungsi di kediaman keluarganya masing-masing. “Untuk kerugian belum bisa dipastikan berapa. Tapi miliaran rupiah,” paparnya. (afi)

error: Content is protected !!