12 Unit Ruko Ludes, Penyebab Kebakaran Belum Diketahui

KEBAKARAN: Pihak Damkar dan Busera Sintang tengah melakukan pendinginan pada lokasi kebakaran yang melanda sejumlah ruko di Simpang Pinoh, Kecamatan Sungai Tebelian. FOTO ISTIMEWA

SINTANG-Sejumlah rumah toko (ruko) di Simpang Pinoh, Kecamatan Sungai Tebelian habis dilahap si jago merah, kemarin. Lokasi kebakaran tak jauh dari Bandara Tebelian.

Berdasarkan laporan dari Damkar Sintang, setidaknya 12 unit ruko habis dimakan api. Diketahui kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 09.45 WIB, Sabtu (1/8). Lokasi tersebut terjadi tepatnya di Jalan Sintang-Nanga Pinoh Dusun Simpang Tiga RT 001, RW 003, Desa Sungai Ukoi, Kecamatan Sungai Tebelian.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar Sintang, Yudius mengatakan, penyebab kebakaran ini masih belum diketahui. Pun termasuk kerugian yang dialami oleh pemilik ruko.

“Untuk penyebabnya masih kita telusuri. Belum selesai kios di bundaran Tugu BI kemarin usai, kita sudah hadapi musibah lagi,” ungkapnya, kemarin.

Ia kemudian menjelaskan kronologi terjadinya kebakaran tersebut. Sekitar 09.45 WIb, warga sekitar melihat munculnya api di atas bangunan ruko. Saat itu, api sudah membakar bagian atas ruko.

“Warga kemudian menghubungi pihak Damkar dan Busera Sintang. Serta meminta warga yang berada di ruko untuk keluar ruko mengamankan diri,” jelasnya.

Yudius juga memaparkan, pihaknya pun segera mengirimkan 7 mobil Damkar Sintang dan 2 mobil Busera Sintang diturunkan untuk memadamkan api. Pemadaman juga dibantu personel Polsek Sungai Tebelian, personel Brimob, piket fungsi Polres serta warga.

Sementara, Kapolsek Sungai Tebelian, IPDA J. Effendhy Kusuma mengatakan, kejadian nahas ini tidak ditemukan adanya korban jiwa. “Ruko yang terbakar ada 12 unit. Pemiliknya 8 orang. Korban jiwa nihil,” kata Kapolsek Tebelian ini kepada Pontianak Post.

Kapolsek Tebelian merinci, ruko yang terbakar, di antaranya TB Arga Jaya 2 pintu, milik Budi. TB Karunia Abadi, 2 pintu, milik Akiun. Toko Cahaya Baru, 1 pintu, milik Akui. Toko Harapan Baru, 1 pintu, milik Rudi. Toko kosong 1 pintu, milik Asung. Depot Air Galon, 1 pintu, milik Elisabet Seli. Bengkel Makmur Jaya Motor, 2 pintu, milik Frangki dan, Jaya Teknik, 2 pintu, milik Asung.

“Saat ini api sudah berhasil di padamkan. Selanjutnya Unit Reskrim Polsek Sungai Tebelian memasang police line di TKP. Untuk kerugian belum dapat diperkirakan,” pungkasnya. (fds)

loading...