13 Ribu Warga Kendawangan Belum Rekam KTP-el

PELAYANAN KELILING: Sejumlah warga melakukan pengurusan administrasi kependudukan yang dilakukan oleh Disdukcapil Ketapang di Kendawangan.afi/ Pontianak Post

Minta Pelayanan Keliling Diperpanjang

KENDAWANGAN – Hari terakhir pelayanan administrasi kependudukan yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Kecamatan Kendawangan, diserbu warga. Ratusan orang dari berbagai desa mengantri di Kantor Camat Kendawangan untuk mengurus berbagai dokumen kependudukan. Baik untuk merekam KTP-el, membuat KK maupun akta kelahiran.

Pelayanan administrasi keliling yang dilaksanakan oleh Disdukcapil Ketapang di Kecamatan Kendawangan berlangsung selama tiga hari, mulai dari 3-5 September 2019. Warga yang belum merekam KTP-el, maupun belum mengurus administrasi kependudukan lainnya, dapat mengurusnya di Kantor Camat Kendawangan. Akan tetapi, minimnya informasi membuat pelayanan di hari pertama sepi.

Petugas pelayanan keliling Disdukcapil Ketapang, Rizka Aditya, mengatakan di hari pertama pelayanan hanya ada delapan warga yang melakukan pengurusan administrasi kependudukan. Warga mulai ramai di hari kedua. Puncaknya, di hari ketiga atau hari terakhir pelayanan, ratusan warga berbondong-bondong mengurus administrasi.

“Pelayanan hari pertama hanya delapan orang saja yang datang. Sementara pelayanan di hari kedua mencapai 88 orang yang membuat administrasi kependudukan. Sedangkan di hari ketiga atau hari terakhir pelayanan mencapai ratusan orang. Sebanyak 84 orang merekam KTP-el, 139 pelayanan KK dan 186 pelayanan akta kelahiran,”katanya, kemarin (5/9).

Dia menjelaskan, di Kecamatan Kendawangan masih banyak yang belum melakukan pengurusan administrasi kependudukan, termasuk perekaman KTP-el. Target untuk desa se Kecamatan Kendawangan yang belum merekam KTP-el mencapai 13.188 orang. Jumlah tersebut belum termasuk KK dan akta kelahiran.

“Terkait pelayanan yang belum rampung, karena jadwal pelayanan di Kendawangan telah habis, maka akan kami bawa ke Ketapang untuk menyelesaikannya. Warga silakan ambil berkasnya di Ketapang. Untuk perpanjangan waktu pelayanan sepanjang ada izin dari kepala dinas, kami akan terus melakukan pelayanan di Kendawangan ataupun kalau ada jadwal ulang. Silahkan pihak kecamatan mengajukan jadwal kembali pelayanan di Kendawangan kepada Dukcapil Ketapang,” ungkapnya.

Rizka berharap, warga yang membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat administrasi kependudukan yang dibutuhkan, karena jadwal pelayanan keliling Disdukcapil Ketapang terbatas.

“Atau silakan untuk mengurusnya di Kantor Disdukcapil Ketapang,”pungkasnya.

Sementara terkait singkatnya jadwal pelayanan keliling administrasi kependudukan di Kendawangan, disayangkan oleh warga. Yadi, salah satu warga Desa Mekar Utama, mengatakan kurangnya informasi yang diterima oleh warga membuat banyak warga yang tidak tahu akan adanya pelayanan administrasi kependudukan ini. Warga banyak mengetahui di hari terakhir pelayanan, sehingga banyak warga yang datang di hari terakhir.

“Saya mendapatkan info dari Facebook. Saya berharap ada perpanjangan waktu atau jadwal ulang pelayanan keliling di Kendawangan agar warga yang akan membuat administrasi kependudukan makin banyak, tentunya bisa mendekati target yang ditargetkan Dukcapil Ketapang,” harapnya. (afi)

Read Previous

Gelar Orientasi Kesehatan Olahraga

Read Next

Anggota Panwascam Dapat Bantuan  

Tinggalkan Balasan

Most Popular