170 PAUD di Kapuas Hulu Sudah Miliki NPSN

Fatmawati, S.Ak, Penyusun Program PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu

PUTUSSIBAU – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diperuntukkan bagi semua anak yang berusia 0 – 6 tahun. Keikutsertaan PAUD ini bisa menjadi pondasi dasar kepribadian anak, yang bertujuan menyiapkannya saat memasuki jenjang pendidikan dasar. Seperti halnya pendidikan Sekolah Dasar atau sederajat.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kapuas Hulu, melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUDM) terus mendorong peningkatan pengembangan PAUD yang ada di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, dan Pendidikan Masyarakat pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu Muhammad Suhada, A.Md.Pd.,S.E melalui Staff Penyusun Program PAUD Fatmawati, S.Ak menyampaikan, saat ini PAUD yang terdata di Dinas Pendidikan sudah mencapai 292 PAUD.

“Jumlah tersebut termasuk yang formal dan non formal,” terang Fatmawati, Sabtu (16/10)
Dalam pendaftaran PAUD tersebut kata Fatmawati, pihak pemohon harus melengkapi syarat perijinan pendirian lembaga PAUD, yang kewenangannya ada di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

“Masalah ijin PAUD saat ini ada di Dinas Penanaman Modal. Jika mereka belum memiliki ijin operasional, tentu tidak bisa mengajukan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional),” jelas Fatmawati.

Ditambahkan Fatmawati, dari 292 PAUD se Kapuas Hulu, sampai dengan saat yang sudah memiliki NPSN sebanyak 170 PAUD. Untuk itu ia berharap agar ijin operasional PAUD tersebut bisa permudah kembali, dalam rangka menyukseskan program satu desa satu PAUD.

“Untuk mencari solusi mengenai masalah ijin pendirian PAUD ini, kita sudah melakukan pertemuan bersama beberapa OPD teknis terkait,” tuntasnya. (dRe).

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!