183 KPM Desa Suak Barangan Terima BLT-DD

BERI PENJELASAN: Plt Camat, Budi Utoyo saat menyampaikan sosialisasi BLT-DD di Desa Suak Barangan.Istimewa

MEMPAWAH – Sebanyak 183 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Suak Barangan, Kecamatan Sadaniang mendapatkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bulan Juni tahun 2021. Penyaluran bantuan tersebut disaksikan langsung Plt Camat Sadaniang, Budi Utoyo, Rabu (9/6) pagi. “Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat ekonomi lemah dalam menghadapi situasi sulit pandemi Covid-19. Sebab, pandemi menyebabkan seluruh aktivitas masyarakat terhambat,” kata Budi.

Budi menjelaskan, BLT-DD yang diterima 183 KPM Desa Suak Barangan itu telah melalui proses dan mekanisme administrasi yang telah ditetapkan pemerintah. Karena, dia memastikan bantuan tersebut tepat sasaran untuk masyarakat yang membutuhkan. “Insya Allah bantuan ini tepat sasaran. Karena, proses seleksi data penerima bantuan sudah dilakukan dengan baik dan benar sesuai mekanisme yang ada,” pendapatnya.

Budi menjelaskan, KPM penerima BLT-DD akan mendapatkan 12 kali pencairan dana sebesar Rp 300 ribu sepanjang tahun 2021 ini. Setiap bulannya, penerima bantuan akan mendapatkan uang tunai senilai Rp 300 ribu. “Jangan dilihat dari besar kecil nominal bantuan. Jika dihitung dengan kebutuhan saat ini memang bantuan sebesar Rp 300 ribu tidak akan mencukupi kebutuhan hidup. Namun, inilah wujdu keseriusan pemerintah untuk membantu meringankan beban hidup masyarakatnya,” tegas dia.

Karena itu, dia berpesan kepada masyarakat penerima bantuan agar memanfaatkan dana bantuan tersebut dengan sebaik mungkin. Terutama untuk memenuhi keperluan pokok rumah tangga seperti makanan dan minuman. “Jangan digunakan untuk keperluan lain yang tidak terlalu penting. Utamakan dulu untuk membeli kebutuhan makanan pokok,” pesan Budi.

Masih dalam kesempatan itu, Budi tak lupa menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat berkaitan dengan upaya mengantisipasi penularan dan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Sadaniang. Dirinya mengingatkan masyarakat agar selalu disiplin mematuhi prokes dan anjuran pemerintah. “Walau saat ini Kecamatan Sadaniang masuk zona putih, namun komitmen untuk melaksanakan pencegahan jangan sampai terjadi penularan di masyarakat tetap harus dimaksimlakan. Makanya, dalam berbagai kesempatan selalu kita berikan sosialisasi di masyarakat,” katanya.

Dalam penanggulangan pandemi Covid-19, Camat memuji tingkat kepatuhan dan disiplin masyarakat di Kecamatan Sadaniang. Menurut dia, masyarakat di Kecamatan Sadaniang memiliki komitmen dan disiplin yang tinggi dalam mendukung berbagai langkah strategis pemerintah. “Kita apresiasi, masyarakat Sadaniang sangat disiplin dan patuh. Jika ada keluarga yang datang dari luar daerah langsung dilaporkan kepada petugas agar dilakukan pengecekan dan pemeriksaan,” pungkasnya.(wah)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!