2.000 Lampion ‘Percantik’ Kota Sungai Pinyuh

LAMPION: Jelang perayaan Imlek, pemasangan lampion di Pasar Sungai Pinyuh. WAHYU/PONTIANAKPOST

Persiapan Sungai Pinyuh Menyambut Imlek 2572

MEMPAWAH – Memeriahkan tahun baru Imlek 2572 yang jatuh pada 12 Februari 2021 nanti, Kota Sungai Pinyuh mulai ‘mempercantik’ diri. Pernak-pernik lampion dan ornamen Imlek dipasang dilingkungan masyarakat. Salah satunya pemasangan 2.000 buah lampion di Pasar Sungai Pinyuh dan sekitarnya.

Sekretaris Panitia Imlek, Hermawan Lim menjelaskan, pemasangan lampion telah dilakukannya sejak beberapa hari lalu. Tujuannya untuk memperindah lingkungan masyarakat Kota Sungai Pinyuh dalam menyambut perayaan Imlek 2572.

“Ini sudah hari ketiga pemasangan lampion di Sungai Pinyuh. Sebelumnya, kami sudah menyelesaikan pemasangan lampion di depan klenteng di Pasar Pagi Sungai Pinyuh. Kemudian, lanjut pemasangan dilingkungan lainnya,” terang Hermawan Lim, Kamis (21/1) malam saat memimpin pemasangan lampion.

Hermawan yang juga Sekretaris Yayasan Tri Dharma Bhakti Sungai Pinyuh ini mengungkapkan sedikitnya ada 2.000 lampion yang akan dipasang di sekitaran Pasar Sungai Pinyuh. Dia menyebut, lampion itu merupakan sumbangsih dan bantuan dari berbagai elemen masyarakat.

“Jika tidak terkendala cuaca hujan atau faktor lain, kemungkinan dalam waktu dua minggu sudah tuntas pemasangan semua lampion di Pasar Sungai Pinyuh. Mudah-mudahan semuanya lancar dan cepat selesai,” harapnya.

Selain memasang lampion, Hermawan mengatakan pihaknya berencana akan menghias tugu bundaran borneo Sungai Pinyuh dengan ornamen-ornamen Imlek. Agar, masyarakat yang melintas di pertigaan Sungai Pinyuh itu dapat merasakan suasana kemeriahan perayaan Imlek di Sungai Pinyuh.

“Nanti kami juga akan menghias tugu borneo bundaran Sungai Pinyuh dengan pernak-pernik Imlek. Kami sudah siapkan konsepnya,” tutur dia.

Dengan pemasangan lampion dan beragam orgamen itu, dirinya berharap perayaan Imlek 2572 di Kabupaten Mempawah umumnya dan Sungai Pinyuh khususnya akan lebih meriah dan penuh kebahagiaan. Walaupun, perayaan tahun 2021 ini berlangsung sederhana dalam suasana pandemi Covid-19.

“Pemasangan lampion ini untuk menghidupkan suasana kemeriahan perayaan Imlek tahun 2572. Sebab, kami meniadakan semua kegiatan yang bersifat hiburan pada momentum Imlek tahun ini. Karena, kita masih dalam suasana pandemi Covid-19,” ujarnya.

Hermawan mengatakan, panitia hanya akan menggelar ritual inti malam menyambut tahun baru Imlek 2572. Yakni pelaksanaan ibadah sembahyang di kleteng untuk menyambut malam tahun baru.

“Ritual inti sembahyang di klenteng pada malam menyambut Imlek 2572 tetap akan kita laksanakan. Namun, dengan catatan tetap menerapkan protap kesehatan dengan disiplin tinggi. Nanti akan kami persiapkan segala fasilitas untuk penerapkan protap kesehatan di klenteng,” tukasnya.(wah)

error: Content is protected !!