20 Ribu Vaksin Disiapkan untuk Ibu Hamil dan Menyusui

VAKSIN: Pencanangan vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. ANTARA

PONTIANAK-Koordinator Bidang Keluarga Berencana Kesehatan Reproduksi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat, Hadirin mengatakan target vaksinasi massal untuk kategori ibu hamil dan menyusui se Kalbar mencapai 20 ribu vaksin.  “Sejak dicanangkan program vaksin buat ibu hamil dan menyusui oleh Gubernur Kalbar, hingga saat ini pelaksanaan sosialisasinya masih berlangsung,” ujar Hadirin kepada Pontianak Post, Minggu (19/9).

Diketahui sosialisasi untuk program tersebut dilakukan oleh dokter dan jajaran dari Dinas Kesehatan. Sebab kata dia yang memahami kondisi ibu hamil dan menyusui adalah dokter. Sedangkan tupoksi BKKBN kata dia dilakukan melalui tenaga Penyuluh KB atau PKB/PLKB dengan melihat pergerakan ibu hamil ditiap daerah dimana mereka bertugas.

Dalam sosialisasi tersebut, rerata animo ibu hamil dan menyusui untuk ikut serta dalam mensukseskan vaksinasi massal ini cukup tinggi. Karena mereka sudah memahami manfaat dari pemberian vaksin tersebut.  Namun kata dia, untuk sosialisasi di daerah pedalaman dibeberapa daerah memang sulit dijangkau. Kendalanya karena kondisi alam dan cuaca. “Seperti dibeberapa daerah Melawi, Ketapang dan Kapuas Hulu ini masih sulit dijangkau,” katanya.

Tetapi sekarang, pihaknya melalai tenaga PKB/PLKB di lapangan terus melakukan sosialisasi tentang program vaksinasi bagi ibu hamil dan menyusui ini. Mudah-mudahan saja target 20 ribu vaksin massal di Kalbar ini bisa tercapai. Dengan demikian, dapat menekan angka penularan covid-19 di Kalbar.(iza)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!