2020 Rumah Sakit Utara Dikerjakan, Pemkot Sediakan Anggaran Rp10 M

rumah sakit

JADI RUMAH SAKIT: Puskesmas Siantan Hilir di Kecamatan Pontianak Utara yang bakal disulap menjadi rumah sakit oleh Pemerintah Kota Pontianak. KUMPARAN.COM

PONTIANAK – Kepala Dinas Kesehatan Pontianak Sidiq Handanu memastikan pembangunan rumah sakit di Kecamatan Pontianak Utara mulai dikerjakan pada 2020, dengan anggaran tahap I sebesar Rp10 miliar. Ditargetkan mereka 2 tahun berjalan, rumah sakit akan rampung dan bisa beroperasi.

“Belum lama ini kami kembali melakukan rapat membahas rencana pembangunan rumah sakit yang lokasinya ada di Puskesmas Siantan. Rencananya, tahun depan pelaksanaan pekerjaan pembangunannya akan dimulai,” kata Sidiq kepada Pontianak Post, kemarin.

Dalam pembahasan rapat itu pihaknya melakukan segala persiapan. Semua dilakukan mereka agar saat pengerjaan pembangunan tiada menemukan kendala. Termasuk, diakui dia, melakukan pemindahan puskesmas juga dibicarakan mereka. Pemindahan tersebut harus dilakukan agar saat pembangunan berjalan, layanan kesehatan tidak terganggu.

Dalam pengerjaan pembangunan rumah sakit, dilakukan mereka secara bertahap. Harapan dia agar rumah sakit semakin maksimal, di tahun ketiga dan keempatnya mereka tinggal mengerjakan penambahan-penambahan kelengkapan saja. Fisik bangunan yang saat ini digunakan sebagai puskesmas, dipastikan Sidiq tidak semuannya dibongkar. Karena pihaknya tinggal melakukan penambahan-penambahan ruangan. Dimisalkan dia seperti ruang operasi dan ruang-ruang penting lainnya.

Untuk bagian belakang puskesmas rencananya akan merekka tingkatkan menjadi dua lantai. Di situlah nanti akan mereka tempatkan kamar-kamar pasien. “Kemungkinan di rumah sakit itu miliki seratusan kamar,” ungkapnya.
Selain perencanaan pembangunan rumah sakit, persiapan tenaga medis juga masuk dalam pembahasan rapat mereka. “Kalau untuk pengoperasian rumah sakit, minimal harus miliki tiga ratusan tenaga. Nanti akan ada pengajuan tambahan tenaga saat penerimaan CPNS. Untun di Puskesmas ini saja total tenaga medis mencapai 150 orang. Ke depan penambahan tenaga medis akan kami lakukan,” tandasnya. (iza)

Read Previous

Selamat Datang, Ney

Read Next

Transfer Gustavo Bisa Gagal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular