2021 Payak Kumang jadi Pusat Olahraga

SALAM OLAHRAGA: Bupati Ketapang, Martin Rantan, memberikan salam olahraga saat membuka Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) XII KONI Ketapang di Hotel Grand Zuri Ketapang, kemarin (13/9). HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

KETAPANG – Bupati Ketapang Martin Rantan berharap pada 2021 yang akan datang, akan terbangun fasilitas olahraga yang representatif untuk semua cabang olahraga (cabor) di Desa Payak Kumang, Kecamatan Delta Pawan. Harapan tersebut disampaikan Bupati saat membuka Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) XII Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ketapang tahun 2020, di Hotel Grand Zuri Ketapang pada Minggu (13/9).

Pada tahun 2019 yang lalu, diceritakan Martin bagaimana dirinya sudah mengambil langkah penting untuk dunia olahraga di Ketapang. Di tahun itu, dia menghendaki agar wilayah terminal yang berada di Desa Payak Kumang, dijadikan fasitas olahraga indoor. “Event olahraga tidak hanya terfokus pada satu cabor saja,” jelasnya.

Bupati mengatakan kehadirannya dalam musyawarah ke-XII KONI tersebut untuk mengadakan konsolidasi yaitu, mendengarkan laporan pertanggungjawaban pengurus. Selain itu juga melakukan pemilihan pengurus KONI Ketapang yang baru walaupun sudah ada calon tunggal yaitu, Sarjani.

Martin menjelaskan, rahasia di balik peningkatan grafik prestasi keolahragaan Ketapang, hingga akhirnya di tahun 2018 yang lalu berhasil masuk di lima besar, tidak lain adalah keterbilatan semua pihak. Menurutnya, pasca dilantik sebagai Bupati Ketapang, dia meminta Bagian Organisasi agar Ketapang memiliki Dinas Pemuda dan Olahraga.

Lebih lanjut, dengan adanya dinas teknis tersebut, akan ada pengadaan fasilitas olahraga yang penganggaranya langsung dari APBD dan bukan termasuk hibah. “Dengan begitu, dinas bisa melakukan pembinaan secara langsung,” kata Martin.

Sementara stimulan agar atlet semakin berprestasi, dia mengaku telah memberikan bonus kepada atlet-atlet yang berprestasi. “Saya juga telah memberikan bonus kepada atlet-atlet yang berprestasi untuk Kabupaten Ketapang,” ungkapnya.

Dia juga sependapat dengan usulan Wakil Ketua KONI Kalbar agar ada langkah-langkah atau upaya menjalin kerjasama dengan pihak swasta. “Saya setuju dengan apa yang disampai Wakil Metua KONI Kalbar tadi. Kedepan kita akan coba mendiskusikan dengan dunia usaha untuk menjalin kerjasama sebagai sponsor,” paparnya.

Martin mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada ketua dan pengurus KONI Ketapang yang lama, karena berhasil mendulang prestasi untuk Ketapang bersama KONI. “Kepada pengurus lama, saya berterima kasih karena telah membawa KONI ke lambaran-lembaran prestasi. Mudah-mudahan, amal baik dan karya bapak mendapat imbalan dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan tetap diberikan kesehatan,” ucapnya.

Sedangkan kepada pengurus yang akan terpilih nanti, dia berharap agar bisa bekerjasama dengan baik sehingga Ketapang bisa dikenal di tingkat regional maupun nasional. “Kepada pengurus yang baru, semoga bisa bekerja sama dengan baik. Berikanlah prestasi untuk Kabupaten Ketapang sehingga Kabupaten Ketapang bisa dikenal di tingkat provinsi, bahkan di tingkat nasional,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KONI Kalimantan Barat, Ketua dan pengurus KONI Ketapang, jajaran Forkopimda Ketapang dan undangan lainnya. (afi)

error: Content is protected !!