2045 Indonesia Masuk 5 Besar Ekonomi Dunia

 Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah resmi dilantik untuk periode keduanya, pada Minggu (20/10). Dalam sidang MPR RI itu, Jokowi menyampaikan pidato pertamanya untuk masa jabatan 2019-2024.  Dari aspek ekonomi, Jokowi menargetkan cita-cita jangka panjang Indonesia untuk menuntaskan kemiskinan.

Yakni, pada 2045 mendatang, Indonesia harus sudah masuk ekonomi 5 besar dunia. Serta angka kemiskinan bisa terus dikurangi. “Mimpi kita di tahun 2045, produk domestik bruto Indonesia mencapai USD 7 triliun. Indonesia sudah masuk 5 besar ekonomi dunia dengan kemiskinan mendekati nol persen,” ujar Jokowi di Ruang Rapat Paripurna I komplek Parlemen Senayan, Jakarta.

Jokowi menerangkan, pada 2045 mendatang juga tepat satu abad usia Indonesia. Oleh karena itu menurut dia sudah sepatutnya bangsa ini melesat tinggi di kancah internasional. Rakyat harus bisa keluar dari pendapat kelas menengah. Indonesia sudah saatnya menjadi negara maju dengan pendapatan Rp 320 juta per kapita per tahun atau Rp 27 juta per kapita per bulan.

Target ini harus menjadi fokus utama seluruh komponen bangsa. “Kita sudah hitung, sudah kalkulasi, target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan untuk kita capai,” imbuhnya.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai target ini tidaklah mudah. Butuh kerjasama antar pihak. Serta kerja keras harus dijalani. Tanpa usaha tersebut, maka target tersebut hanya akan menjadi mimpi belaka. “Dan kita harus kerja cepat, harus disertai kerja-kerja bangsa kita yang produktif,” pungkas Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi dan Ma’ruf Amin resmi dilantaik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Acara pelantikan dilangsungkan di ruang rapat paripurna I gedung Nusantara I, komplek Parlemen , Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

Proses pelantikan dipimpin langsung oleh, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, didampingi 9 wakil. Acara dimulai dengan pembacaan sumpah jabatan. Jokowi membawa lebih awal di bawah sumpah Alquran, dilanjut oleh Ma’ruf.

“Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban sebagai Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya. Serta berbakti pada nusa dan bangsa,” ucap Jokowi.

“Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya. Serta berbakti pada nusa dan bangsa,” sambung Ma’ruf.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan/Jawa Pos

Read Previous

Jokowi-Ma’ruf Resmi Memimpin Indonesia

Read Next

Nama Menteri Diumumkan Pagi Ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *