209 Jemaah Haji dan Pengurus Masjid Usia Lansia Disuntik Vaksin

MEMPAWAH – Pemerintah Kabupaten Mempawah melaksanakan vaksinasi Covid-19 terhadap jemaah haji dan pengurus masjid usia lanjut usia (lansia), Jumat (9/4) siang di Masjid Agung Al-Falah Mempawah. Vaksinasi tersebut disaksikan oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, drg Oscar Primadi, MPH.

Sebanyak 209 jemah haji dan pengurus masjid usia lansia di Kecamatan Mempawah Hilir dan Mempawah Timur berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi tersebut. Mereka divaksin oleh petugas yang telah disiapkan Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Satgas Penanganan Cepat Covid-19 Kabupaten Mempawah.

“Alokasi vaksinasi untuk jemaah haji Indonesia berusia lansia sekitar 53 ribu orang. Kita berharap saat ini vaksinasi sudah tercapai kurang lebih 60% di seluruh Indonesia,” kata Oscar Primadi kepada wartawan di Mempawah.

Dia berharap vaksinasi jemaah haji usia lansia yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Mempawah dapat menjadi awal yang baik untuk pelaksanaan vaksinasi lansia di seluruh daerah di Provinsi Kalimantan Barat. “Dimulai dari Mempawah, saya berharap vaksinasi lansia di Kalbar bisa terus dilakukan secara berkelanjutan,” harapnya.

Oscar mengungkapkan alasan pemerintah memprioritaskan vaksinasi untuk lansia untuk mengantisipasi tingkat penularan dan resiko kematian. Sebab, berdasarkan data statistik mengungkapkan lansia sangat rentan terhadap virus corona.

“Utamakan lansia dulu, karena kita fokus menjaga para orang tua. Mengingat data statistik angka kesakitan dan kematian Covid-19 terbanyak kategori usia lansia,” ungkapnya.

Oscar mengingatkan seluruh pemerintah kabupaten dan kota di Kalimantan Barat agar secepatnya melaksanakan vaksinasi jemaah haji kategori lansia. Sebab, pihaknya menargetkan vaksinasi lansia tersebut tuntas pada Mei nanti.

“Kita targetkan Mei sudah selesai. Karena, pada Juni nanti kemungkinan jemaah sudah berangkat ke tanah suci,” prediksinya.

Namun, sambung dia, berkenaan dengan keberangkatan jemaah haji ke tanah suci masih menunggu keputusan dari otoritas Kerajaan Arab Saudi. Sebab, belum ada kepastikan apakah pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 sudah dibuka atau masih ditutup.

“Terlepas nanti mereka diberangkatkan atau tidak, yang penting kita sudah melakukan persiapan vaksinasi untuk jemaah haji Indonesia,” tegasnya.

Karena itu, Oscar menyebut Pemerintah Pusat senantiasa mendorong agar pemerintah daerah secepatnya melaksananakan dan menuntaskan vaksinasi untuk jemaah haji usia lansia secara maksimal.

“Mudah-mudahan kegiatan vaksinasi jemaah haji lansia di Kabupaten Mempawah terselenggara dengan sukses dan lancar, sehingga bisa menjadi percontohan bagi daerah lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Mempawah, drg Mukhtar Siagian mengungkapkan peserta vaksinasi Covid-19 usia lansia di Masjid Agung Al-Falah Mempawah sebanyak 209 orang.

“Mereka terdiri dari jemaah haji Kabupaten Mempawah dan pengurus masjid di beberapa lokasi di Kecamatan Mempawah Hilir dan Mempawah Timur,” singkat Mukhtar menerangkan.(wah)

 

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!