23 Warga Sungai Bemban Reaktif, Berlakukan Isolasi Khusus

Plt. Kadiskes Sanggau, Ginting didampingi kepala BPBD Sanggau, Siron saat memberikan keterangan update Covid-19 di Sanggau.

SANGGAU – Isolasi khusus dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sanggau untuk 23 warga di Desa Sungai Bemban, Kecamatan Kapuas, Sanggau terkait hasil reaktif dari rapid test dalam rangka tracking satu pasien positif Covid-19 asal desa setempat.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting mengatakan setiap ada warga yang terkonfirmasi positif Coronavirus, selalu ada tracking bagi orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien. Dari tracking tersebut didapatkan kasus reaktif di Desa Sungai Bemban.

“Ini pertama kalinya. Hasil tracking satu pasien positif Covid-19 asal Sungai Bemban ditemukan 23 warga yang reaktif karena punya riwayat kontak,” katanya, Selasa (14/7) siang.

Menurutnya, ada sedikitnya 98 orang yang pernah kontak dengan pasien positif tersebut. Tim gugus mengambil langkah rapid test seluruhnya. “Memang mengejutkan hasilnya. Baru ini juga kami temukan kasus reaktif sebanyak itu,” ujar dia.

Ginting menambahkan, saat ini, 23 warga tersebut diisolasi di salah satu bangunan desa setempat. Untuk kebutuhan warga tersebut difasilitasi oleh pemerintah. “Kami isolasi khusus di salah satu bangunan desa. Nanti difasilitasi oleh pemerintah,” katanya.

“Standar penanganan Covid-19 itu, kalau ada satu pasien positif maka harus dilakukan tracking seratus persen. Nah, inilah yang dilakukan tim gugus. Sehingga dapat hasil 23 orang reaktif itu,” katanya menambahkan. (sgg)

loading...