26.689 KK Miskin Terima Bantuan Beras 10 Kg

BANTUAN BERAS: Bupati Mempawah, Hj Erlina SH MH secara simbolis menerima beras dari Pemprov Kalbar. ISTIMEWA

Belum Masuk DTKS Ditanggung Pemkab

MEMPAWAH – Membantu masyarakat miskin memenuhi kebutuhan makanan pokoknya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menyalurkan bantuan beras. Sebanyak 26.689 Kepala Keluarga (KK) miskin di Kabupaten Mempawah tercatat sebagai penerima bantuan. Secara simbolis, bantuan diterima Bupati Mempawah, Hj Erlina SH MH, Senin (30/3) di Kecamatan Mempawah Hilir.

Bantuan beras tersebut sebagaimana telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur Kalbar Nomor 460/0928/DS/III/2020 tertanggal 27 Maret 2020. Ada empat poin yang melatarbelakangi penyaluran bantuan tersebut.

Salah satunya, mengantisipasi dampak kelangsungan hidup masyarakat miskin dalam menghadapi situasi wabah Covid-19. Maka, setiap KK miskin akan mendapatkan bantuan beras sebanyak 20 kg. Untuk tahap pertama, bantuan akan disalurkan sebanyak 10 kg.

Terkait penyalurannya, bantuan diberikan berdasarkan data KK miskin yang telah diverifikasi melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ada di tiap kabupaten dan kota di Kalimantan Barat. Berdasarkan data tersebut, maka KK miskin di Kabupaten Mempawah sebanyak 26.689. Terakhir, bagi KK miskin yang belum terdata dalam DTKS akan ditanggung oleh Pemkab/Pemkot setempat untuk menyalurkan bantuan serupa.

“Terima kasih kepada Gubernur Kalbar yang telah menyalurkan bantuan makanan pokok berupa beras untuk masyarakat miskin di Kabupaten Mempawah. Untuk tahap pertama ini ada 7 ton beras yang disalurkan,” ungkap Bupati Erlina.

Erlina menjelaskan, bantuan makanan pokok beras sangat dibutuhkan masyarakat di Kabupaten Mempawah. Mengingat, ditengah penyabaran wabah covid-19 ini masyarakat mengurangi aktivitas diluar rumah. Sehingga, mereka sangat membutuhkan bantuan makanan pokok demi kelangsungan hidup.

“Situasi sulit ini bukan hanya dirasakan masyarakat Kabupaten Mempawah saja, melainkan seluruh masyarakat dunia. Mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhan makanan pokok,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sosial, Heru Agung YA menjelaskan, bantuan diserahkan secara simbolis dari Pemprov Kalbar kepada Bupati Mempawah di Kecamatan Mempawah Hilir. Selanjutnya, bantuan akan disalurkan secara merata di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Mempawah.

“Total penerima bantuan berdasarkan DTKS sebanyak 26.689. Untuk tahap awal, tiap KK miskin akan mendapatkan beras 10 kg, dan ditahap selanjutnya akan disalurkan kembali 10 kg. Jadi totalnya tiap KK mendapatkan 20 kg,” ungkap Heru.

Heru berharap, melalui penyaluran bantuan makanan pokok beras tersebut dapat meringankan beban masyarakat miskin. Sehingga, masyarakat tidak perlu panik dan resah menyikapi situasi penyebaran wabah covid-19 di daerah ini.

“Kami mengimbau masyarakat agar tidak panik dan resah. Semaksimal mungkin pemerintah akan membantu kesulitan masyarakat menghadapi situasi ini. Terutama menyangkut kebutuhan makanan pokok,” tukasnya. (wah)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!