Libur Panjang, Polres Landak Perketat Tempat Wisata

NGABANG – Demi mengantisipasi munculnya kluster cuti bersama Covid-19, TNI-Polri bersama Pemkab Landak akan memperketat penjagaan di sejumlah tempat wisata.

Kapolres Landak, AKBP Ade Kuncoro Ridwan menerangkan pihaknya telah menyiapkan titik-titik yang menjadi potensi adanya keramaian. Personelnya melalui Satgas Aman Nusa akan tersebar di sejumlah tempat wisata untuk mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan.

“Kalau orang liburan ini kan pasti banyak yang mendatangi tempat wisata. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, akan rentan terhadap penyebaran. Kami sudah menyiapkan Satgas Aman Nusa yang memang bertugas untuk melaksanakan tugas pencehan Covid-19 bersama-sama dengan Pemkab Landak,” kata Kapolres, Selasa (27/10).

Sebelumnya, kata dia Polres Landak telah melaksanakan rapat untuk menyatukan visi dalam pengamanan tersebut. Mulai dari TNI, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, hingga tokoh agama yakni MUI dan PHBI Landak dilibatkan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Dalam rangka membahas kesiapan kita. Yang kita laksanakan ialah menyatukan visi, kita ingin bersinergi dalma melakukan pengamanan, khususnya dalam pencegahan Covid-19,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga menempatkan personel untuk bersiaga di sejumlah masjid yang melaksanakan ibadah dan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada pada Kamis (29/10) mendatang, baik di kecamatan Ngabang, dan kecamatan lainnya.

Hal ini, menurutnya sudah dibahas bersama instansi terkait. Dengan kesimpulan mereka juga siap bekerja sama dengan Polri dalam mengamankan kegiatan libur cuti bersama di Kabupaten Landak.

“Tujuannya sama, melaksanakan pengamanan agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, termasuk juga membantu panitia dalam pendisiplinan protokol kesehatan,” jelas Ade.

Ditanya mengenai antisipasi pemudik, ia mengatakan pihaknya tidak secara spesifik menyiapkan pos pengamanan khusus seperti saat lebaran dan natal. Akan tetapi, pihaknya tetap siaga.

“Saat ini ada dua operasi yang dilaksanakan, Ops Aman Nusa dan Ops Zebra. Ini berkaitan dengan keselamatan berkendara. Kalau untuk pos pantau kita tidak ada. Kita sifatnnya mobile, tim selalu bergerak. Sambil kita menunggu laporan dari masyarakat mengenai adanya titik keramaian di tempat wisata,” tutupnya. (mif)

error: Content is protected !!