45 Anggota DPRD Ketapang Periode 2019-2024 Dilantik

DILANTIK : Sebanyak 45 anggota DPRD Ketapang periode 2019-2024 diambil sumpah di bawah kitab suci oleh Ketua PN Ketapang, Iwan Wardhana.

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ketapang menggelar Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah san Janji Anggota DPRD Ketapang Masa Jabatan 2019 – 2024, Senin (9/9) siang. Sebanyak 45 anggota DPRD Ketapang dari enam daerah pemilihan tersebut dilantik dan ambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Ketapang, Iwan Wardhana. Sementara Gubernur Kalbar, Sutarmidji diwakili oleh Kepala Kesbangpol Kalbar, Alexander Rombonang.

Rapat paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Ketapang Junaidi, didampingi dua Wakil Ketua DPRD Ketapang lainnya, Jamhuri Amir dan Elmantono. Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, Martin Rantan dan Suprapto S, juga hadir dalam kesempatan tersebut. KPU, Bawaslu, dan pimpinan Forkopimda Ketapang beserta istri juga ikut hadir, serta instansi vertikal yang berada di Ketapang juga hadir.

Sebelum anggota DPRD Ketapang yang baru dilantik, pimpinan rapat paripurna, Junaidi, menyampaikan hasil kinerja anggota DPRD Ketapang periode 2014 – 2019. Selama 5 tahun menjabat, DPRD Ketapang menghasilkan sejumlah keputusan dan pengesahan Peraturan Daerah (Perda).

Junaidi mengatakan, selama periode 2014 – 2019, sebanyak 100 keputusan telah diambil oleh DPRD Ketapang. Di antaranya sebanyak 26 persetujuan dengan Perda, satu Perda inisiatif, serta 73 Keputusan DPRD. Sementara penyelesaian Perda, DPRD Ketapang telah menyelesaikan 79 Perda dari 83 Raperda yang diusulkan. DPRD Ketapang juga telah melaksanakan 112 rapat paripurna serta 58 kali rapat Banmus selama 5 tahun.

Selain rapat paripurna dan rapat internal, DPRD Ketapang juga telah melakukan audiensi dengan pihak-pihak yang mengadukan nasibnya ke DPRD Ketapang. Selama 5 tahun ini, sudah sebanyak 80 audiensi dilakukan dan 10 kali menerima aksi damai atau demo dari berbagai lapisan masyarakat. “Semoga kinerja anggota DPRD Ketapang yang akan datang bisa lebih baik lagi dan bisa menyelesaikan apa yang belum sempat diselesaikan oleh anggota DPRD sebelumnya,” kata Junaidi.

Usai menyampaikan hasil kinerja anggota DPRD Ketapang 2014 – 2019 , sebanyak 45 anggota DPRD Ketapang periode 2019 – 2024 dilantik. Pengambilan sumpah janji jabatan dilakukan dengan kepercayaan masing-masing yaitu Islam, Katolik, dan Protestan. Pengambilan sumpah janji jabatan dipimpin oleh Ketua PN Ketapang, Iwan Wardhana.

Usai diambil sumpah dan janji jabatan, perwakilan anggota DPRD menandatangani pakta integritas, dilanjutkan dengan penyematan pin secara simbolis kepada tiga anggota dewan yaitu, Febriadi, Antoni Salim, dan Kasdi.

Setelah pelantikan anggota DPRD, kemudian dilanjutkan proses serah terima Ketua dan Wakil Ketua DPRD Ketapang sementara. Febriadi dari Partai Golongan Karya (Golkar) ditunjuk sebagai Ketua DPRD Ketapang Sementara. Sedangkan untuk Wakil Ketua DPRD Ketapang sementara adalah Kasdi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Proses serah terima unsur pimpinan ini ditandai dengan penyerahan palu dari unsur pimpinan yang lama kepada unsur pimpinan yang baru. (*)

Read Previous

45 Anggota DPRD Sambas Masa Jabatan 2019-2024 Dilantik

Read Next

Api Mendekati RSUD Muhammad Jamaludin I

Tinggalkan Balasan

Most Popular