SINGKAWANG: Loket pelayanan Kas Titipan di Kantor Bank Kalbar Cabang Singkawang.

Bank Kalbar Terbaik se-Indonesia

Kategori Bank Pengelola Kas Titipan

PONTIANAK – Bank Indonesia memberikan penghargaan kepada sejumlah perbankan berprestasi di seluruh Indonesia dalam gelaran akbar PTBI (Pertemuan Tahunan Bank Indonesia) yang digelar secara virtual, Kamis (3/12). Hebatnya PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat atau Bank Kalbar mendapatkan dua penghargan sekaligus untuk kategori Bank Pengelola Kas Titipan Terbaik di Daerah Non Terdepan, Terluar dan Terpencil dan Bank Pengelola Kas Titipan Terbaik di Daerah Terdepan, Terluar dan Terpencil.

Kedua penghargaan tersebut diraih Kantor Bank Kalbar Cabang Singkawang dan Kantor Bank Kalbar Cabang Ketapang.  Penghargaan ini menandakan kinerja dan manajemen yang baik dari kas titipan dalam mendistribusikan uang layak edar hingga ke wilayah jauh (remote area). Sebagai informasi hanya ada empat kas titipan dari tiga bank di Indonesia yang mendapatkannya. Selain dua milik Bank Kalbar, dua kas titipan lainnya adalah BRI Waingapu (NTT) dan BPD Kalsel Cabang Tabalong-Kota Tanjung.

Sejatinya, setiap tahun penghargaan diserahkan Gubernur Bank Indonesia secara langsung kepada para penerima. Namun lantaran situasi pandemi Covid-19, pengumuman tersebut dilangsungkan secara virtual. Penganugerahan itu berbarengan dengan penyampaian pandangan Presiden Joko Widodo dan Gubernur BI Perry Warjiyo mengenai kondisi ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2020 dan outlook ekonomi tahun 2021.

Sementara itu, di Kantor Perwakilan BI Kalbar digelar PTBI tingkat provinsi, yang dihadiri Gubernur Sutarmidji, para pimpinan lembaga tinggi, perwakilan dunia usaha, perbankan, akademisi, dan tokoh lainnya. Tema yang yan diangkat dalam PTBI 2020 adalah “Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi”.

Sutarmidji yang menjadi keynote speaker dalam PTBI Kalbar memuji kinerja dunia perbankan Kalbar. Saat ini angka NPL atau risiko kredit macet perbankan secara umum di provinsi ini sangat baik, yaitu 1,6 persen. Apalagi di tengah pandemi yang memukul ekonomi. Sebagai pemegang saham terbesar Bank Kalbar, dia mengapresiasi baiknya perkembangan kinerja yang telah ditunjukkan. Terbukti dengan diberikannya penghargaan tingkat nasional oleh Bank Indonesia. “Ini harusnya menjadi motivasi bagi pengelola untuk lebih baik lagi,” ucapnya.

Bank Kalbar terus menunjukkan peningkatan kinerja keuangan, peningkatan aset, penyaluran pembiayaan dan dividen kepada pemegang saham. “Harapan kami pemberian kredit produktif lebih digencarkan lagi agar ekonomi Kalbar tumbuh dan membuka lapangan kerja. Kita harapkan Bank Kalbar juga terus berekspansi agar bisa bersaing dengan bank-bank umum lainnya,” sebut Sutarmidji.

Kepala Bank Kalbar Cabang Singkawang Mas Yusmidi tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya. “Sangat senang dan gembira award ini memotivasi kami meningkatkan pelayanan kas titipan agar tujuan dari pemerintah dan BI untuk memenuhi kewajiban menyediakan uang kartal dalam jumlah yang cukup pecahan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada waktu yang tepat dan kondisi layak edar bisa tercapai. Terima kasih kepada BI atas apresiasinya,” ungkap dia.

Kantor Bank Kalbar Cabang Singkawang adalah kas titipan dengan penyerapan uang tidak layak edar (UTLE) terbanyak dengan rata-rata Rp70-80 miliar per bulan. Frekuensi penarikan dan penyetoran kas titipan di bank ini dikategorikan aktif. Pasalnya setiap hari selalu ada transaksi penarikan ataupun setoran dari bank peserta kas titipan.

Bahkan kas titipan Singkawang memiliki layanan penukaran uang dengan loket khusus kepada masyarakat. Sementara dalam penyampaian laporan harian dan bulanan kepada BI maupun asuransi, pihaknya juga selalu tepat waktu. Meski demikian, capaian yang sudah baik ini tidak menghentikan upaya untuk terus meningkatkan kinerja.

“Kami akan selalu melakukan evaluasi serta pengawasan terhadap penukaran uang tidak layak edar dari masyarakat maupun dari bank-bank peserta kas titipan. Sarana dan prasarana yang diperlukan juga akan dilengkapi,” kata Mas Yusmidi.

Pemimpin Cabang Ketapang Nurmanto juga menyebut penghargaan dari Bank Indonesia ini merupakan anugerah terindah bagi pihaknya. Menurut dia, kualitas layanan kas titipan di Ketapang tak lepas dari manajemen Bank Kalbar dan para pegawainya. Selain itu KPw Bank Indonesia Kalbar juga kerap memberikan saran dan masukan.

“Misalnya kami menindaklanjuti saran dari hasil audit kas titipan oleh Bank Indonesia terkait penyempurnaan sarana dan prasarana di sini. Akhirnya kami bisa meminimalisir hasil temuan yang berulang sehingga kinerja akan menjadi lebih baik untuk ke depan.Harapan kami pihak Bank Indonesia terus memercayakan pengelolaan kas titipan kepada Bank Kalbar Cabang Ketapang untuk daerah Terdepan Terluar dan Terpencil (3T) dan kepada masyarakat agar lebih optimal memanfaatkan layanan dan produk Bank Kalbar termasuk layanan kas titipan,”  ujarnya. (ars)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!