7 Pilkada di Kalbar, PAN Siapkan Kader Sendiri

PONTIANAK—Partai Amanat Nasional (PAN) Kalbar tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan kepada kader internalnya, bertarung dan menang sebagai Bakal Calon Kepala Daerah (Bacalonkada) di

Pilkada 7 Kabupaten tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Target mendudukan kader sendiri termasuk memantapkan komunikasi politik terus dijalankan sampai sekarang.

Wakil Ketua DPW PAN Kalbar, Dr. Adriansyah SH, MH mebnyebutkan bahwa untuk tujuh kabupaten bisa dikatakan sudah mencapai 80 persen finalisasi koalisi partai dan Bakal Calon Bupati dengan Wakil Bupati.

“Ada beberapa daerah intens melakukan komunikasi koalisi. Ada satu daerah tak berkoalisi dengan partai politik. Tinggal nantinya difinalisasikan. Memang dalam pilkada 7 kabupaten, PAN menargetkan 3 kabupaten dimenangkan kader sendiri,” ungkap dia.

Menurutnya semua kader diusung dan dimajukan sebagai Bacalonkada. Seperti di Kabupaten Ketapang, PAN bertekad mengusung kader sendiri yakni Hermantono dan maju sebagai Bakal Calon Bupati.

Di Kabupaten Melawi sendiri, PAN jauh-jauh hari sudah menyiapkan kader sendiri yakni petahana Wakil Bupati sekaligus Ketua PAN Kabupaten Melawi yakni Dadi. S untuk maju.

Di Kabupaten Kapuas Hulu, PAN menyiapkan kader sendiri yang merupakan anggota DPRD setempat sebagai Wakil Bupati Kapuas Hulu.

Untuk Kabupaten Sintang, PAN masih masih mengupayakan kader internal bersama partai koalisi untuk bertarung. Pun demikian di Pilkada Sekadau berkaoliasi dan kader sendiri disiapkan. ”Termasuk di Kabupaten Sambas,” ujarnya.

Anggota DPRD Kalbar dapil Kota Pontianak ini menambahkan bahwa pada Pilkada 7 Kabupaten, DPP PAN dan PAN Kalbar tetap mendorong kader sendiri maju baik sebagai Bacalon Bupati atau Bacalon Wakil Bupati. Nah hampir semua daerah di Pilkada sudah menemui titik temu satu visi dan misi. “Tinggal finalisasi saja,” ucap dia.

Di satu sisi, lanjutnya, PAN juga memiliki nilai tawar tersendiri di Pilkada 7 Kabupaten di Kalbar. PAN memiliki masing-masing kursi dan keterwakilan anggota DPRD. PAN punya kursi lumayan. Seperti PAN Ketapang dengan 4 kursi, Kabupaten Sekadau 3 kursi, Kabupaten Melawi 4 kursi dan satu unsur pimpinan DPRD. Pun demikian Kabupaten Kapuas Hulu dengan 4 kursi juga punyasatu kursi pimpinan. Di Kabupaten Sintang 4 kursi juga di Sambas banyak kursi wakil rakyatnya. ”Hanya Kabupaten Bengkayang, PAN tidak punya kursi,” tukasnya.

 

 

 

Dari 6 daerah berbeda tersebut, PAN punya nilai tawar tersendiri. Makanya DPP dengan PAN Kalbar terus mengusahakan kader terbaiknya untuk maju, baik sebagai Bacalon Bupati atau Bacalon Wakil Bupati.(den)

error: Content is protected !!