91 Peserta Meriahkan Pawai Taaruf

SEMARAK 1 MUHARRAM: Bupati, Hj Erlina, SH, MH melepas peserta pawai Taaruf.ISTIMEWA

Rayakan 1 Muharram 1441 H

MEMPAWAH – Menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H, Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar kegiatan pawai Taaruf, Sabtu (31/8) pagi di Halaman Kantor Bupati Mempawah. Diikuti 91 peserta dari berbagai elemen masyarakat, pawai Taaruf dilepas Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH.

Dalam kegiatan tersebut, panitia menetapkan 3 kategori peserta lomba. Yakni khusus, umum dan arak-arakan. Kategori khusus diikuti peserta dari jajaran dinas, instansi, OPD, BUMD dan lainnya. Sedangkan umum, diikuti majelis taklim, ormas keagamaan, serta kategori arak-arakan diikuti peserta dengan menampilkan beragam karikatur dengan tema peringatan tahun baru Islam 1441 H.

Dilepas Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH, para peserta berjalan kaki dari Halaman Kantor Bupati Mempawah menuju ke Jalan Daeng Menambon, Jalan GM Taufik, Jalan Raden Sujarwo. Kemudian, peserta kembali ke rute Jalan Daeng Menambon dan finish di Kantor Bupati Mempawah.

“Melalui momentum tahun baru Islam 1441 H ini, saya menghimbau seluruh umat Islam di Kabupaten Mempawah untuk bermuhasabah, mengintrospeksi diri dan memperbaiki segala kesalahan serta kekurangan dimasa lalu. Mari jadikan momentum ini untuk membentuk diri menjadi orang yang beruntung dan lebih baik dari tahun sebelumnya,” seru Erlina.

Erlina pun mengingatkan agar masyarakat belajar dari pengalaman dimasa lalu. Dari pengalaman itu, lakukan evaluasi sebagai bentuk intropeksi terhadap kekurangan yang telah dilakukan. Maka, momentum tahun baru Islam sangat tepat untuk melakukan perbaikan dan perubahan kearah yang lebih baik.

“Tidak hanya memperbaiki kualitas diri secara individu, melainkan juga perubahan dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah dan mensejahterakan mayarakat Kabupaten Mempawah,” harapnya.

Tak lupa Erlina mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD dan elemen masyarakat yang telah berpartisipasi memeriahkan kegiatan pawai Taaruf dalam momentum tahun baru islam 1 muharram 1441 H. Dia berharap, kegiatan tersebut semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat Islam dalam melakukan syiar terhadap agama Islam di Kabupaten Mempawah.

“Semoga Allah Ta’ala senantiasa mencurahkan rahmat, berkah dan ridhonya untuk kita semua, serta melindungi daerah dan negara yang kita cintai ini dari segala bala dan bencana. Selamat menyambut tahun baru islam 1441 H. Semoga di tahun ini, kita senantiasa menjaga manusia yang lebih bai dari tahun-tahun sebelumnya serta termasuk dalam golongan umat yang beruntung,” ucapnya sembari diamini ratusan peserta pawai Taaruf.

Sementara itu, Plt Asisten II Setda Pemerintah Kabupaten Mempawah, Rochmat Effendy menjelaskan, kegiatan pawai Taaruf tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan momentum tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H yang jatuh pada tanggal 1 September 2019.

“Sekaligus media introspeksi atas apa yang telah kita kerjakan baik secara individu maupun kedinasan. Sekaligus sebagai media silaturahim antara masyarakat dengan pemerintah daerah dalam bentuk pawai Taaruf,” pendapatnya.

Dalam kegiatan itu, Rochmat Effendy mengungkapkan diikuti berbagai unsur dari pemerintahan daerah hingga elemen masyarakat. Yakni mulai dari OPD, dinas, instansi vertikal, BUMD maupun kelompok-kelompok pengajian masyarakat dan organisasi kemasyarakatan.

“Total peserta yang berpartisipasi sebanyak 91 kelompok yang terbagi dalam 3 kategori lomba yakni khusus, umum dan arak-arakan. Juara 1 kategori pawai arak-arakan mendapatkan uang tunai Rp 10 juta, juara 2 Rp 8 juta dan juara 3 Rp 6 juta. Sedangkan kategoiri umum dan khusus, juara 1 Rp 5 juta, juara 2 Rp 4 juta, juara 3 Rp 3 juta dan harapan 1 Rp 1 juta. Peserta yang belum beruntung akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 500 ribu,” pungkasnya.

Dari hasil penilaian juri lomba, juara 1 kategori khusus yakni Dinas PUPR, juara 2 guru MAN, juara 3 Disdikporapar dan harapan 1 RS Rubini Mempawah. Sedangkan juara kategori umum, MT Azzakirah Kuala Secapah, juara 2 MT Alwarda, juara 3 MT Azzahra dan harapan 1 Remas Pematang Sukun. Serta, kategori arak-arakan, juara 1 Remas Attawabin Antibar, juara 2 Remas Ussisa Attaqwa, juara 3 Al-Furqan Antibar. (wah)

Read Previous

11.600 Peserta Ramaikan Pawai Tahun Baru Islam

Read Next

Dari Toilet untuk Indonesia Bermartabat

Tinggalkan Balasan

Most Popular