Agustus, APBD Perubahan 2020 Dipercepat

PONTIANAK–Masa pandemi Covid-19, benar-benar dimanfaatkan DPRD Kalimantan Barat bekerja sesuai tufoksi. Terbaru lembaga wakil rakyat ini menargetkan untuk mempercepat pembahasan sekaligus pengesahan ketuk palu APBD Perubahan Tahun (TA) 2020.

Paling lambat akhir Agustus 2020 sudah disepakati antara legislatif dan eksekutif. Ini artinya lebih cepat dari aturan limit sampai bulan oktober 2020 mendatang.

“Kawan-kawan yang duduk di DPRD Kalimantan Barat sudah sepakat dan mendukung diselesaikan hingga akhir Agustus 2020. Kita akan lakukan,” ucap Syarif Amin Muhammad Assegaf, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, baru-baru ini.

Menurut dia dipercepatnya pembahasan dan ketuk palu APBD Perubahan 2020 merupakan hasil Rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Kalbar belum lama ini. Dalam pembahasan nantinya juga akan dikupas bagaimana penjualan aset Pemprov Kalbar terealisasi sesuai kesepakatan.

Dia menambahkan bahwa dipercepatnya waktu pembahasan APBD Perubahan 2020 sebagai buntut banyaknya realokasi atau rasionalisasi anggaran dikarenakan pengalihan penanganan pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. Nah APBD 2020, akan dikembalikan atau dipergunakan kembali guna melakukan pemantapan langkah-langkah atau program pencapaian visi-misi Gubernur Kalbar sebelumnya.

Nantinya apabila ketuk palu APBD Perubahan 2020 tidak dipercepat, bisa saja menyusahkan Pemprov Kalbar sendiri dalam melaksanakan program ke depan. Misalnya target pembangunan infrastruktur dan program perekonomian.

“Andai lambat tidak dipercepat, akhir tahun bisa saja tidak akan terkejar. Nah ujung-ujungnya bakalan meniadi Silpa (Sisa Lebih Penggunaan Anggran) kembali,” ujarnya.p lebih banyak orang. Yang takut ini berhenti jak,” ucapnya.(den)

loading...