Ajak Waspadai Dampak Curah Hujan Tinggi

BERI IMBAUAN: Bhabinkamtibmas Polsek Ambalau saat memberikan imbauan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai, Senin (11/1). ISTIMEWA

Bhabinkamtibmas Polsek Ambalau Imbau Warga

NANGA KEMANGAI – Guna menghindari dampak yang tidak diinginkan terkait dengan curah hujan tinggi di Sintang beberapa hari belakangan, Bhabinkamtibmas Polsek Ambalau lakukan patroli monitoring debit air di wilayah bantaran sungai. Tepatnya di rumah-rumah terapung (lanting) di Desa Nanga Kemangai, Kecamatan Ambalau, Senin (11/1).

Menurut Bhabinkamtibmas Polsek Ambalau, Briptu Irfan, curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi dalam beberapa hari ini di wilayah Kecamatan Ambalau, mengakibatkan debit air di Sungai Melawi, Kecamatan Ambalau, mengalami peningkatan debit air yang cukup tinggi.

“Kami memberikan imbauan kepada warga agar selalu berhati-hati dan selalu waspada. Curah hujan tinggi tentunya memunculkan arus yang cukup deras. Apalagi kepada warga yang bermukim di rumah-rumah terapung, agar lebih meningkat kewaspadaan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Selain bahaya banjir, ia juga mengingatkan warga yang berdiam di daerah bantaran sungai agar waspada bahaya longsor akibat curah hujan tinggi. “Karena pondasi tanah di daerah bantaran rawan longsor akibat arus deras pada musim penghujan,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Ambalau AKP Bongsu Pane saat dikonfirmasi di tempat terpisah mengatakan, patroli monitoring debit air terus dilakukan di musim penghujan seperti saat ini, terutama kepada warga daerah bantaran sungai dan mereka yang tinggal di rumah-rumah terapung.

“Kami berharap dengan patroli serta himbauan terkait waspada bencana saat musim penghujan ini dapat mencegah timbulnya korban jiwa maupun harta benda dari masyarakat. Tetap waspada dan berhati-hati,” pungkasnya. (ris)

error: Content is protected !!