Akan Digelar Festival Karimata 2020

BERENANG: Pengunjung berenang di Pulau Karimata Kayong Utara. ISTIMEWA

SUKADANA – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara merencanakan Festival Karimata tahun 2022 masuk dalam kalender nasional.  Hal tersebut tentu sesuai dengan arah kebijakan daerah bahwa pariwisata merupakan salah satu dari tiga sektor unggulan daerah yang kemudian diharapkan mampu mengungkit PDRB (Product Domestic Regional Bruto).
“Oleh karena itu salah satu strateginya dengan  memperbanyak even-even pariwisata. Salah satunya dengan even dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan Festival Karimata 2020 di Desa Padang, Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara,”jelas Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kayong Utara, Tasfirani, Kamis (13/2).
Selanjutnya kata dia, Festival Karimata sudah pernah dilaksanakan pada tahun 2015, tahun ini merupakan kegiatan kedua untuk even yang sama.
Bahkan, ia mengatakan,  ke depan dan sudah masuk dalam kalender even pariwisata di tahun 2022 merencanakan Festival Karimata akan menjadi  kalender even nasional.
“Berbagai kegiatan yang akan digelar dalam festival Karimata adalah lomba foto dan video pendek, jukong race, exhibition pancing, komba masakan berbahan dasar ikan, lomba permainan tradisiional dan puncaknya acara nyemah laut,”ungkapnya lagi.
Tasfirani mengatakan, selain Festival Karimata, yang sudah masuk kalender even pariwisata di Kabupaten Kayong Utara misalnya ada festival ramadhan, festival mandi safar, festival bumi bertuah dan lainnya.”Kegiatan-kegiatan lainnya juga akan kita adakan di Kayong Utara, yang sudah masuk dalam kalender even,”jelasnya.
Sementara itu, salah satu warga berharap dengan adanya even tersebut diharapkan mampu mengangkat perekonomian warga. Sebab, Kayong Utara cukup banyak segala potensi wisata yang ada.
“Bagus si, kalau di Kayong Utara banyak acaranya. Saya yakin akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,”terang Teguh Yulianto salah satu pengunjung wisata di Kayong Utara. (dan)

Read Previous

Denda Rp5 Juta bagi Pembuang Sampah Sembarangan

Read Next

Nonton Cap Go Meh Didenda Rp30 Ribu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *