Akan Gelar WOSE 2019, Fashion Road Terakbar di Kalbar

Parade etnik

AKAN KEMBALI DIGELAR: Parade etnik seperti ini akan kembali memeriahkan Wonderful Singkawang Ethnic (WOSE) 2019 Carnival.

SINGKAWANG — Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga akan menggelar Wonderful Singkawang Ethnic (WOSE) 2019 Carnival, sebuah pergelaran lomba Fashion Road terakbar se-Kalbar yang akan dilaksanakan Sabtu (9/10) pukul 13.00 WIB.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Singkawang, Bujang Syukrie mengatakan WOSE 2019 Carnival ini sebagai wujud upaya Pemkot Singkawang dalam melestarikan khazanah etnik yang ada di Kota Singkawang.

Selain itu, kata dia, WOSE 2019 Carnival merupakan pertunjukan kekayaan budaya dan etnis yang beragam dengan tiga etnis besarnya yakni Tionghoa, Dayak dan Melayu (Tidayu) yang mampu hidup harmonis, aman dan tenang bersama etnis-etnis lain yang ada di  Kota Singkawang, yang terkumpul dalam 17 Paguyuban Etnis.

Hal ini yang menjadikan ide utama dalam penyelenggaraan sebuah event besar sebagai perekat persatuan. Tak hanya itu, kegiatan ini juga digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Pembentukan Kota Singkawang ke-18 Tahun 2019, dengan tema “Harmonisasi Dalam Berbudaya Memperkokoh Singkawang sebagai Kota Tertoleran se Indonesia.”

“Dengan kegiatan ini, sebagai kota tertoleran di Indonesia, Singkawang diharapkan mampu menjaga kelestarian budaya, persatuan dan kesatuan serta memotivasi semangat budaya di kalangan generasi penerus bangsa,” ungkapnya.

Karnaval ini merupakan salah satu kegiatan yang akan  menampilkan keanekaragaman budaya dalam bentuk karnaval, dengan dukungan potensi seniman-seniwati daerah Kota Singkawang yang mengemasnya dengan kreativitas dan inovasi.

Ia mengatakan WOSE 2019 Carnival, selaras dengan program pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Termasuk di dalamnya pembinaan mental spiritual. “Maka pengembangan estetika melalui kreatifitas seni budaya merupakan sarana yang efektif dalam meningkatkannya.”

Potensi seni budaya yang ada di Kota Singkawang, sebagai penyokong budaya sangat beragam. Dan hal tersebut, lanjut dia, merupakan aset budaya yang sangat bernilai. Untuk itu perlu upaya pelestarian. Sekaligus sebagai salah satu sarana dalam pembentukan karakter serta jati diri bangsa Indonesia.

“Berkaitan dengan hal tersebut, untuk memberikan wahana sebagai ajang kreatifitas bagi masyarakat untuk promosi budaya dan hasil pembangunan.”

Dengan diadakannya event ini, lanjut Bujang Syukrie, diharapkan terjalin kebersamaan antar pelajar, seniman, budayawan maupun masyarakat di Kota Singkawang untuk berkarya secara kreatif dan sportif dalam berapresiasi sekaligus mempertebal rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Dikatakannya ajang ini juga sebagai sarana promosi budaya dan pariwisata Kota Singkawang, sehingga diharapkan jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat di Kota Singkawang. Selain itu, event ini merupakan sarana perekat pemersatu bangsa dan sebagai sarana membudayakan serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya daerah melalui cipta seni, kreatifitas dan inovasi.

“Dan juga even ini sebagai wadah bagi pelaku ekonomi kreatif, komunitas seni dan seniman untuk dapat menampilkan kreatifitas khas masing-masing daerah sehingga dapat memotivasi untuk terus berkreasi dan berprestasi,” jelasnya.

Secara umum WOSE 2019 Carnival ini akan menampilan Tari Kolosal “Gebyar Pesona Nusantara” yang dibawakan oleh gabungan 17 Sanggar yang ada di Kota Singkawang. Penyanyi yang diiringi dengan kolaborasi dari musik tradisional dengan musik modern.

Wonderful Singkawang Ethnic (WOSE) 2019 Carnival akan mengambil rute dimulai dari Halaman Mess Daerah (Jala Merdeka) lurus melewati Masjid Raya Kota Singkawang, belok menuju arah Jl. Niaga kemudian belok mengelilingi Vihara Tri Dharma Bumi Raya/Tua Pekong Pasar menuju arah Bank Kalbar Singkawang kemudian mengelilingi Masjid Raya Kota Singkawang belok kembali menuju arah Bank Mandiri atau menuju arah Finish yang berada di Kantor PM Kota Singkawang.

Untuk mengikuti kegiatan ini maka warga se Kalbar diharapkan mendaftar yang sudah dibuka sejak tanggal 1 September 2019 dan Berakhir sampai dengan tanggal 15 Oktober 2019 Dimana pelayanan pendaftaran mulai Senin – Jumat, pukul 08.00 – 15.00 WIB (jam kerja) bertempat di dinas pariwisata, pemuda dan olahraga, Jalan Kridasana Kota Singkawang. (har)

Read Previous

Menjaga Stabilitas Keamanan Sanggau tetap Kondusif

Read Next

Bupati dan Ratusan Pengendara Scooter Ramaikan Jalan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *