Alat Kelengkapan Dewan Masih Tarik Ulur

PONTIANAK—Fraksi-fraksi di DPRD Kalbar masih alot membahas siapa pimpinan pada Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Kursi basah Ketua dan Sekretaris Komisi-Komisi, Badan Kehormatan (BK), Badan Anggaran (Banggar), Badan Legislasi (Banleg), Badan Musyawarah (Banmus), termasuk Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) masih menjadi talik ulur dan incaran partai politik peraih kursi di Pileg 2019-2024. Buktinya, draft pembahasannya dengan membentuk Pokja (Kelompok Kerja)

“Besok (hari ini) baru paripurna penetapan para personalia Pokja di DPRD Kalbar untuk merancang Peraturan Tata Tertib (Tatib) DPRD Kalbar periode 2019-2024,” kata Wakil Ketua DPRD Kalbar sementara, Edy R. Yacoub, Senin(7/10) di Pontianak.

Menurutnya paripurna dari Pokja dihitung juga tidak serampangan. Berdasarkan aturan hitungannya tetap dari perolehan kursi Pileg 2019. Makanya partai pemenang pemilu bisa menempatkan minimal 2-3 personilnya di Pokja.
“Tergantung dari perolehan kursi DPRD Kalbar. Pokja ditetapkan berdasarkan aturan sekitar 15 orang. PDI Perjuangan sepertinya dapat 3 untuk jatah personil Pokja, Golkar 2, Nasdem 2 dan Gerindra 2” ujarnya.

Partai-partai lain dengan fraksi utuhnya juga diperbolehkan mengirimkan Pokjanya. Misalnya PAN, PKB dijatahkan 1 personil untuk Pokja. Partai seperti PPP+PKS fraksi tidak utuh (Gabungan) juga akan mengirimkan Pokjanya.

“Intinya tergantung perolehan jumlah kursi,” ucap dia.

Mantan Wakil Walikota Singkawang ini belum memastikan kapan rancangan Tatib DPRD Kalbar usai dibahas dan disepakati. Yang pastinya, seusai Tatib disetujui seluruhnya, fraksi-fraksi di DPRD Kalbar dipastikan mematuhinya.

”Untuk besok (hari ini), fraksi-fraksi dipastikan melakukan rapat internal dalam menyusun kerangka Panitia Kerja. Siapa nantinya diutus,” ungkapnya.

Penelusuran Pontianak Post, seusai pelantikan anggota DPRD Kalbar terpilih, delapan Fraksi di DPRD Kalbar santer mengincar posisi penting pada AKD. Partai suara terbesar dan fraksi utuh berdiri sendiri sudah jauh hari berharap komposisi AKD juga mengikuti perolehan kursi.

”Harapan kami (PDI Perjuangan) untuk perolehan AKD di DPRD Kalbar banyak mendudukan kader. Sebab bagaimanapun PDI Perjuangan pemenang pileg 2019 dengan perolehan 15 kursi,” tukasnya.

Sementara itu, nama-nama pimpinan fraksi di DPRD Kalbar jauh hari sebelumnya sudah disahkan dan ditandatanganin Ketua Sementara, Minsen. Hanya Fraksi Demokrat belum ada kabar siapa Ketua dan Sekretarisnya.
Adapun nama-nama mereka diantaranya ?

Fraksi PDI Perjuangan misalnya Ketua fraksinya Martinus Sudarno dan  Yohanes Rumpak sebagai Sekretaris. Fraksi Golkar untuk ketua yakni Zulkarnaen Siregar dengan Erry Eriansyah sebagai Sekretarisnya. Fraksi Nasdem sendiri posisi Ketua fraksinya Michael Yan Sriwidodo dan  Subhan Nur sebagai Sekretaris. Fraksi Gerindra Yuliana (Ketua) dan Heronimus (Sekretaris). Sedangkan Fraksi Demokrat untuk posisi Ketua dan Sekretaris masih dikosongkan.

Fraksi lainnya seperti PKB + (Hanura, PKPI, Perindo) posisi Ketua Fraksi yakni Muhammad Rizka Wahab (Ketua) dan Roby Nazarudin (Sekretaris). Dari Fraksi PAN posisi Ketua Ardiansyah dan Ritaudin sebagai Sekretaris.

Terakhir Fraksi PKS+PPP dipegang oleh Arif Joni Prasetyo sebagai Ketua dan Budi Basardi sebagai Sekretaris.(den)

loading...