Alih Kodal Yonif R 641/Bru dan Yonif 642/Kps

SUNGAI RAYA— Pagdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Sabtu (7/3) memimpin upacara Alih Kodal Yinif Rider 641/Beruang dari Kodam XII Tanjunhgpura ke Brigif 19/Alambhana Wanawwai.

Muhammad Nur Rahmad menerangkan, Alih Kodal merupakan wujud dari restrukturisasi TNI AD sebagai kelanjutan dari penataan internal organisasi yang berpedoman pada kekuatan pokok minimum atau minimum esential force merupakan hal mutlak untuk mewujudkan kemantapan dan kesiapsiagaan operasional.

“Alih kodal merupakan bagian dari upaya penanganan organisasi TNI AD dalam rangka pembangunan minimum esential force, yang nantinya diharapkan mampu menghasilkan satuan-satuan yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung setiap pelaksanaan tugas TNI AD,” kata Muhammad Nur Rahmad.

Menurutnya, alih Kodal ini dilaksanakan dengan tujuan untuk lebih memaksimalkan pengendalian, pengawasan dan koordinasi serta pelaksanaan tugas di lapangan guna mendukung tugas pokok Kodam XII Tanjungpura.

Alih Kodal lanjutnya juga sesuai dengan Surat Perintah Kasad Nomor Sprin/641/II/2020 tanggal 20 Februari 2020 tentang perintah peresmian Alih Kodal Yonif Raider 641/Beruang dan Yonif 642/Kapuas.

Dengan dilaksanakannya Alih Kodal, kata dia, Yonif Raider 641/Beruang yang semula langsung di bawah kendali Kodam XII TAnjungpura, saat ini telah berubah di bawah kendali Brigif 19/Khatulistiwa, begitu juga dengan Yonif 642/Kapuas yang semula di bawah kendali Brigif 19/KH sejak saat ini di bawah kendali Korem 121/Abw.

Dikesempatan yang sama, Muhammad Nur Rahmad menegaskan bagi para unsur pimpinan yang terkait dengan pelaksanaan Alih Kodal beserta staf dan segenap jajaran Komandonya untuk melanjutkan program latihan serta menyesuaikan program kerja dan anggaran yang sedang dan akan dilaksanakan oleh satuan yang dialih kodalkan untuk membina kesiapan operasional dalam rangka mewujudkan prajurit TNI AD yang profesional.

“Inventarisir semua materiil Alutsista dan sarana prasarana lainnya dengan baik sehingga satuan mendapatkan kesiapan operasional bila setiap saat digunakan,” tegasnya.

Bagi seluruh prajurit, Pangdam XII Tanjungpura ini menekankan, agar mulai sekarang segera membentuk dan menanamkan jiwa korsa identitas kolektif dan kebanggaan dalam diri mereka bahwa Yonif Raider 641/Bru sebagai warga Brigif 19/KH dan Yonif 642/Kps sebagai bagian dari warga Korem 121/Abw.

“Saya yakin, sebagai prajurit TNI AD loyalitas kepada satuan dan institusi adalah di atas segala-galanya dan kalian pasti mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” tutup Muhammad Nur Rahmad. (ash)

error: Content is protected !!