Alquran Memberi Petunjuk ke Jalan Paling Lurus

Oleh : Uray M. Amin, ST. Ketua Baznas Provinsi Kalbar

Oleh : Uray M. Amin, ST

BEGITU cepatnya waktu berlalu, kita sekarang sudah memasuk 17 Ramadhan 1442 H.

Semoga tiap waktu yang jalani dibulan ini bernilai ibadah disisi Allah SWT. Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Alquran untuk pertama kali seperti yang difirmankan Allah dalam surat Al Isra ayat 9 sebagai berikut.

“Sungguh, Al-qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang paling lurus dan memberikan kabar gembira kepada orang beriman yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar” (Al-Isra: 9).

Sebenarnya, Al-qur’an tidak diturunkan pada malam Nuzulul Qur’an saja, melainkan selama 23 tahun secara bertahap sesuai keperluan (an-Nabhan, 1981: 83).  Allah melalui malaikat Jibril, menurunkan ayat-Nya untuk menjadi hidayah kepada nabi terakhir, Rasulullah SAW.

Alquran diturunkan melalui dua tahapan. Pertama, Allah menurunkan Alquran ke Lauhul Mahfudz, seperti dijelaskan dalam firman-Nya: “Bahkan yang didustakan oleh mereka itu adalah Alquran yang mulia, yang terdapat di Lauhul Mahfudz.” (Al-Buruj: 22-23). Lauhul Mahfudz dapat diartikan sebagai tempat di mana di dalamnya tersimpan takdir Allah (qodho dan qadar).

Namun tidak ada riwayat yang khusus menjelaskan tentang wujud Alquran di Lauhul Mahfudz. Sebagian ulama berpendapat bahwa wujud Kitabullah berupa hafalan para malaikat. Pada tahap kedua, Alquran diturunkan dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah (langit dunia).

Hal ini dijelaskan dalam Surat Al Qadar ayat 1 yang artinya “Sesungguhnya telah kami turunkan Al-qur’an pada malam kemuliaan.” (Al-Qadar: 1). Alquran diturunkan ke dunia pada malam kemuliaan di bulan Ramadhan hari ke-17. Peristiwa inilah yang dikenal sebagai Nuzulul Quran.

Setelah diturunkan untuk pertama kalinya, ayat-ayat Alquran kemudian berangsur-angsur dilengkapi. Totalnya proses turunnya Alquran selama 23 tahun, atau lebih tepatnya 22 tahun 2 bulan 22 hari.

Alquran yang diturunkan secara berangsur-angsur ini memberikan keuntungan bagi umat muslim saat itu. Seperti memudahkan untuk menghafal, memiliki waktu untuk mempelajari Alquran, dan ayat yang diturunkan adalah yang relevan dengan zaman.

 (Penulis, Ketua Baznas Provinsi Kalimantan Barat)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!