Alumni IPB Kalbar Gelar Donor Darah

DONOR DARAH: Para Ikatan Alumni IPB bersama sejumlah masyarakat turut mendonorkan darah dalam kegiatan sosial yang dilakuan Ikatan Alumni IPB Kalbar

Penuhi Kebutuhan Darah

PONTIANAK — Ikatan Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) Kalimantan Barat, Minggu (29/9) menggelar kegiatan sosial berupa donor darah di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kalimantan Bara Jalan M Sohor Pontianak.

Ketua Umum Alumni IPB Kalimantan Barat, Eka Indah Raharjo mengatakan aksi sosial donor darah tersebut merupakan salah satu agenda nasional Alumni IPB yang serentak dilakukan semua alumni IPB setiap September diseluruh Indonesia.

“Untuk mengoptimalkan persiapan, kegiatan donor darah Khusus Ikatan Alumni IPB Kalbar, sengaja kami lakukan di pengujung September dan Alhamdulillah antusias masyarakat cukup baik mengikuti donor darah ini,” kata Eka Indah Raharjo kepada Pontianak Post, Rabu (2/10) di ruang kerjanya.
Tidak hanya, para Alumni IPB di Kalimantan Barat, dalam kegiatan sosial tersebut kata Eka juga terdapat sejumlah personel TNI/Polri, mahasiswa hingga masyarakat umum turut terlibat mendonorkan darahnya.

Donor darah yang digelar sejak pukul 08.00 wib-14.00 Wib itu, kata Eka berhasil mengumpulkan sebanyak 75 kantong darah dari para pendonor. “Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, dan kami berharap kegiatan ini akan lebih meningkat di tahun depan,”ungkapnya.

Eka menerangkan, kegiatan donor darah merupakan salah satu program Himpunan Alumni UPB pusat. Selain donor darah kata dia, Himpunan Alumni IPB Kalimantan Barat juga melakukan sejumlah kegiatan sosial seperti memberikan pelatihan pembukaan lahan tanpa bakar bagi para petani di Rasau Jaya, penanaman mangrove dan sejumlah kegiatan sosial lainnya.

“Kami berharap semua kegiatan sosial yang telah kami lakukan ini bisa mendapatkan dukungan penuh dari pemerintahan daerah,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Eka juga mengucapkan terimakasih bagi semua pihak yang telah mendukung lancar kegiatan donor darah yang dilakukan Ikatan Alumni IPB Kalimantan Barat.

Ketua Panitia Donor Darah Ikatan Alumni IPB Kalimantan Barat, Zamzam menambahkan salah satu alasan pihaknya menggelar aksi donor darah lantaran menilai hingga saat ini ketersediaan darah di Kalimantan Barat masih cukup terbatas. “Kami berharap dengan adanya donor darah yang kami himpun ini bisa membantu PMI dalam memenuhi ketersediaan darah yang akan kembali digunakan bagi masyarakat yang membutuhkan di Kalimantan Barat,”jelasnya.

Usai kegiatan, sebanyak 75 kantong darah tersebut lanjutnya langsung diserahkan ke PMI Kota Pontianak. “Lumayan banyak darah yang terhimpun, semoga saja bisa bermafaat terutama untuk memenuhi ketersediaan darah di Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Staf Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Pontianak, Rini mengaku sangat terbantu dengan adanya donor darah yang digelar Ikatan Alumni UPB Kalimantan Barat. “Kami sangat berterimakasih kepada Ikatan Alumni IPB yang telah melaksanakan kegiatan donor darah, dan tentunya semua darah yang terkumpul ini sangat membantu dalam memenuhi permintaan darah terutama dari sekitar rumah sakit yang ada di Kota Pontianak dan Kubu Raya,” ungkapnya seraya berharap kegiatan serupa bisa terus dan rutin digelar oleh Ikatan Alumni IPB Kalimantan Barat. (ash)

loading...