Amankan Aset Negara dengan Sertifikasi Tanah BMN

IST RAKOR: Kanwil DJKN Kalimantan Barat melaksanakan rapat koordinasi percepatan sertifikasi tanah BMN.

Target Selesai Juli 2020

PONTIANAK—Tahun 2020, Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Barat diberi target sertifikasi tanah barang milik negara (BMN) sebanyak 1.040 bidang.

“Target tahun ini meningkat tujuh kali lipat dari target tahun lalu sebesar 158 bidang. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan dan langkah langkah strategis serta solusi untuk mencapai target tersebut,” kata Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat Edward UP Nainggolan.

Kemarin (13/2), bertempat di aula lantai tiga Kanwil DJKN Kalimantan Barat, dilaksanakan Rapat Koordinasi Percepatan Sertifikasi Tanah BMN yang dihadiri Kanwil BPN/ATR Kalimantan Barat beserta 14 kantor pertanahan vertikal dan satuan kerja kementerian/lembaga pada Kalimantan Barat yang aset tanahnya masuk dalam program sertifikasi.

Dalam rakor tersebut Edward juga menyampaikan pentingnya kegiatan sertifikasi dalam rangka mengamankan aset negara sehingga bukan hanya tertib fisik dan admininstrasi namun juga tertib secara hukum.

Menanggapi hal tersebut Kepala Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalimantan Barat Ery Suwondo menyampaikan bahwa diadakannya kegiatan ini bukan hanya bersifat koordinasi namun juga sinkronisasi, harmonisasi, dan implementasi sertifikasi BMN pada tahun 2020.

“Kami tidak dapat berlari cepat apabila data terkait tanah yang disertifikasi belum disampaikan oleh satuan kerja. Kami bertekad menyelesaikan target ini pada bulan Juli 2020,” kata Ery Suwondo.
Ery menambahkan  untuk pengurusan sertifikat, langkah awal adalah memastikan validasi tanah. Pastikan tanah tidak bermasalah, dan belum bersertifikat.

“Apabila satker tidak dapat memenuhi data yang dibutuhkan, satker dapat membuat surat penyataan penguasaan fisik tanah.  Selain melengkapi surat tersebut, saat dicek ke lapangan sudah clean and clear sehingga bisa langsung diproses sertifikasinya,” jelas Ery.

Kanwil DJKN Kalbar dan Kanwil BPN Kalbar akan terus berkoordinasi dan memonitoring kendala yang ada dan dapat segera ditemukan penyelesaiannya sehingga target yang telah ditetapkan dapat tercapai di Juli 2020. (r/*)

loading...