Amankan Penerimaan Negara dari Dana Desa

RAPAT: Suasana Rapat KP2KP dengan Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Melawi. IST

KEPALA Kantor Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Nanga Pinoh, Dedy Agus Prabowo, beserta jajarannya melakukan kunjungan ke Inspektorat Daerah Kabupaten Melawi, Kamis (18/7). Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan koordinasi mengenai penghitungan pajak atas penggunaan dana desa.

Hal ini terkait adanya masukan dari beberapa bendahara desa di Kabupaten Melawi mengenai perbedaan dalam penghitungan pengenaan pajak menurut Inspektorat Daerah dengan bendahara desa. Masukan ini diperoleh pada saat dilakukannya dialog dan diskusi perpajakan antara KP2KP Nanga Pinoh dengan beberapa bendahara desa di Kabupaten Melawi.

Pada kesempatan ini para auditor Inspektorat Daerah menyampaikan bahwa mereka mengenakan pajak berdasarkan kuitansi yang dibuat oleh bendahara desa, karena pada umumnya, bendahara desa membuat bukti pembiayaan belanja barang dan/atau jasa dalam satu kuitansi.

Dalam kunjungan ini, Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Melawi, Yakob Tangkin, menyampaikan bahwa masih terdapat potensi penerimaan negara dari dana desa, sehingga ini perlu dilakukan pengawasan dan edukasi terkait pajak yang terutang atas penggunaan dana desa.

Dedy menambahkan, “Pajak yang disetor oleh para bendahara desa di Kabupaten Melawi akan kembali ke Kabupaten Melawi dalam bentuk bagi hasil dari pemerintah pusat.”

KP2KP Nanga Pinoh dan Inspektorat Daerah Kabupaten Melawi berencana untuk terus berkoordinasi terkait pengenaan dana desa demi mengamankan penerimaan negara. Dengan adanya koordinasi ini diharapkan agar para bendahara desa di Kabupaten Melawi bisa lebih tepat dan taat saat mengelola alokasi dana desa (ADD), khususnya dalam penyetoran dan pelaporan pajak. (r/*)

Read Previous

Gali Potensi Desa

Read Next

Sosialisasi Kampung KB Desa Tanjung 

Tinggalkan Balasan

Most Popular