Anak Kampung dari Melawi Berkarir di Istana Negara

FOTO BERSAMA: Rinto Andika bersama Ali Mazi, Gubernur Sulawesi Tenggara. IST

Rinto Andika, Asisten Staf Khusus Presiden Indonesia

Asal daerah dan latar belakang tak perlu menjadi penghalang dalam mengapai karir. Ini yang dialami Rinto Andika. Pemuda asal Melawi, Kalimantan Barat ini berhasil mewujudkan cita-cita untuk berkarir di istana negara. Niat dan usaha kerasnya berbuah manis.

****

PRESIDEN Indonesia, Joko Widodo memiliki 11 staf khusus, salah satunya Billy Mambrasar. Sebagai Staf Khusus, Billy bekerja langsung memberikan masukkan, nasihat, dan mendampingi Presiden. Dalam kerjanya, Billy juga dibantu asisten, dalam upaya menyerap aspirasi masyarakat.

Pada seleksi beberapa bulan lalu, Rinto Andika, menjadi salah satu nama yang berhasil menjadi asisten dari Billy. Rinto berhasil melewati proses seleksi dan wawancara. Putra asal kampung Poring, Nanga Pinoh, Melawi ini kini menjadi salah satu kebanggaan warga Melawi.

Rinto lahir dari keluarga sederhana. Anak keempat dari enam bersaudara ini menghabiskan masa sekolahnya dari SD sampai SMK di Melawi. Ayahnya adalah seorang pensiunan guru, sementara ibunya adalah penoreh getah karet. Orangtua Rinto tak pernah lelah memotivasi anak-anaknya untuk dapat menempuh pendidikan dengan baik dan kemudian berkarya.

Tamat dari SMKN 1 Pinoh, Rinto melanjutkan kuliahnya di Fakultas Hukum Universitas Panca Bhakti, Kota Pontianak. Ia lulus dengan nilai yang cukup tinggi. Sehari-hari, putra Melawi ini aktif berkegiatan dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan dan perlombaan.

Ia pun telah menorehkan berbagai prestasi. Mulai dari Juara 2 Pekan Olahraga Pelajar Daerah Kalbar tahun 2012 hingga Bujang Gawai Dayak Kalbar tahun 2015 atau Duta Budaya Dayak Kalbar.

Sehari-harinya Rinto bekerja langsung di kompleks Istana Negara, bersama Billy Mambrasar. Ia langsung memberikan dukungan kepada Staf Khusus Presiden. Rinto ikut mendampingi kunjungan kerja dari Sabang sampai Merauke. Pertemuan-pertemuan tersebut kemudian melahirkan rekomendasi kebijakan pembangunan yang disampaikan Staf Khusus langsung ke orang nomor 1 di negera ini, juga pada kementerian dan lembaga terkait.

Dalam rilis yang diterima dari tim media Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar. Rinto dikabarkan telah berkontribusi dalam penyusunan masukkan kebijakan dari aspirasi yang diterima masyarakat, dari kunjungan ke lima provinsi di Indonesia, sejak ia bergabung beberapa bulan lalu.

Tidak sedikit warga Melawi dan Kalimantan Barat yang saat ini berharap agar Rinto dapat menjadi jembatan komunikasi antara daerahnya dengan kebutuhan di Pusat.

Billy Mambrasar merasa bangga dengan kehadiran Rinto Andika di dalam timnya. Ia bangga ada keberagaman yang terbentuk. Rinto dinilai sebagai orang yang sangat cerdas dan kreatif. Ada beberapa program di Melawi yang akan dikembangkan atas dorongan Rinto, seperti pertanian. Termasuk, melibatkan anak-anak milenial Melawi untuk dapat ikut berpartisipasi dan berkontribusi hingga ranah nasional. (*/r/mnk)

error: Content is protected !!