Ancam Tutup Tempat Wisata Jika Abai Protokol Kesehatan

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengimbau masyarakat untuk berwisata di dalam kota selama libur Lebaran. Tentu ada syarat protokol cleanliness, health, safety, dan environment sustainability(CHSE) yang harus dipatuhi.

Sayang, menurut dia, masih ada beberapa tempat wisata yang abai akan protokol kesehatan (prokes). Mereka belum memahami sepenuhnya pentingnya CHSE untuk menarik pengunjung dan demi mencegah persebaran virus korona. Hal itu sangat disayangkan.

“Saya minta tempat wisata itu bisa berbenah agar bisa menyambut wisatawan saat Lebaran. Tempat wisata yang abai itu mungkin belum memahami sepenuhnya pentingnya prokes CHSE di tengah pandemi saat ini,” kata Sandi

Dia melanjutkan, sosialisasi pentingnya memiliki sertifikat CHSE terus digencarkan seiring dengan pelaksanaan sertifikasi. Kemenparekraf secara intensif berkoordinasi dengan pemerin tah daerah serta pihak-pihak terkait lainnya untuk melakukan pengawasan.

“Kami tidak segan untuk merekomendasikan penutupan terhadap destinasi yang tidak dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Termasuk sanksi untuk menangguhkan sertifikat Indonesia Care jika sebelumnya destinasi tersebut telah mendapatkan sertifikasi,” tambahnya. Sandi berharap semua destinasi wisata dapat sadar pentingnya prokes CHSE.

“Yang perlu dijalankan adalah ketegasan penerapan peraturan di lapangan. Untuk itu, saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kedisiplinan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin pada libur Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) 2021,” ungkapnya.

Protokol Kesehatandi Tempat Wisata

  • Pastikan dalam kondisi sehat sebelum masuk ke tempat wisata.
  • Jika alami gejala sakit, segera pulang ke rumah dan periksa ke fasilitas kesehatan.
  • Selalu gunakan amsker selama berada di tempat wisata.
  • Sering cuci tangan atau pakai hand sanitizer.
  • Hindari menyentuh bagian wajah seperti mata, hidung, dan mulut.
  • Tetap perhatikan jaga jarak dengan pengunjung yang lain minimal 1 meter.
  • Saat tiba di rumah, segera ganti baju dan bersihkan tas, kacamata, dompet, dll.

    Sumber: Satgas Covid-19

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!