Andi Ridwan Resmi Pimpin IPSI Kalbar

Ketua IPSI, Andi Ridwan. foto Shando Safela

PONTIANAK-Andi Ridwan resmi terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalimantan Barat (Kalbar) masa jabatan 2020-2024. Ia memperoleh 11 suara mengungguli Ardiansyah yang memperoleh empat suara dalam Musyawarah Daerah (Musda) Pengurus Provinsi (Pengprov) IPSI Kalbar di Hotel Kapuas Palace, Sabtu (21/11).

Seperti diketahui Musda Pengprov IPSI Kalbar diikuti oleh pengurus cabang IPSI dari 14 kabupaten/kota. Serta perwakilan dari sejumlah perguruan silat yang tersebar di provinsi ini. Usai terpilih, Andi Ridwan selaku Ketua Umum IPSI Kalbar yang baru mengungkapkan bahwa, dirinya ingin mengembangkan pencak silat sebagai identitas budaya bangsa serta mengukir prestasi untuk kebanggaan Kalbar.

Dengan uraian misi antara lain memajukan IPSI Kalbar hingga berkiprah di prestasi nasional dengan menjunjung azas kekeluargaan dan netralitas. Kemudian disiplin dalam tata kelola organisasi dan menjunjung nilai keterbukaan. “Ada empat hal yang menjadi semangat utama kami dalam mengusung visi dan misi ini,” ungkapnya saat jumpa pers, Minggu (22/11) pagi.

Empat hal tersebut yang pertama adalah antusiasme. Ia ingin menggairahkan kembali semangat mencetak prestasi di IPSI Kalbar. “Yakni memacu rasa lapar untuk terus berprestasi mengharumkan nama IPSI Kalbar,” katanya.

Kedua adalah netral. Dalam memimpin IPSI, Andi akan menjaga organisasi ini agar bisa berdiri di atas semua golongan. Tanpa membedakan suku, agama, ras dan perguruan-perguruan silat yang ada di Kalbar. “Jadi semua dalam satu wadah yakni IPSI,” ucapnya.

Lalu yang ketiga adalah disiplin. Dirinya akan menjadikan IPSI Kalbar sebagai wadah yang serius dalam penataan organisasi. Selalu sesuai dalam menjalankan program yang sudah dicanangkan dan serius dalam mengejar prestasi.

Kemudian yang terakhir yang menjadi aspek utama menurutnya adalah integritas. Integritas yang akan melengkapi keseluruhan dari nilai dan semangat yang dia tuangkan dalam visi misi membangun IPSI Kalbar. “Intinya harus jujur dan terbuka dalam membangun IPSI, sehingga IPSI bisa mengayomi setiap pengurus cabang dan ranting perguruan silat yang ada. Saya rasa itu empat hal utama dalam menjalan visi dan misi saya membangun IPSI Kalbar ke depan,” paparnya.

Dalam waktu dekat dirinya terlebih dahulu akan melaksanakan penataan secara internal organisasi. Seperti pendataan semua pergruan silat yang ada. Termasuk juga melantik pengurus-pengurus cabang (Pengcab) kabupaten/kota se-Kalbar yang sudah kedaluwarsa. “Itu yang akan kami perbaharui melalui Muscab (musyawarah cabang), untuk dihidupkan kembali,” pungkasnya.(bar)

error: Content is protected !!