Anggota TNI Wajib Lapor SPT Tahunan

SOSIALISASI: Suasana Sosialisasi Perpajakan di Kodam XII Tanjungpura. IST

PONTIANAK—Bekerjasama dengan Kodam XII Tanjungpura, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mempawah dan Kanwil DJP Kalimantan Barat memberikan sosialisasi pengisian SPT Tahunan kepada Juru Bayar di lingkungan Pangdam XII Tanjungpura yang berlokasi di Pontianak di Aula Kodan XII Tanjungpura, Senin (27/1).

Dalam arahannya, Letkol CZI Waasrendam XII/TPR Darody Agus berpesan kepada 300 juru bayar agar semua anggota untuk melaporkan SPT-nya masing-masing.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang P2Humas Vadri Usman menyampaikan bahwa SPT Tahunan merupakan kewajiban setiap wajib pajak dan di dalamnya termasuk anggota TNI.

“Pelaporan SPT merupakan kewajiban pegawai setiap tahun. Bendahara wajib membuat dan menyampaikan bukti potong kepada masing-masing pegawai karena bukti potong tersebut yang akan digunakan sebagai bahan untuk melaporkan SPT Tahunan ditambah harta, kewajiban sepanjang tidak ada penghasilan lain,” kata Vadri.

“ASN dan TNI wajib menyampaikan SPT secara elektronik atau online yang dapat dilakukan dimana saja kapan saja,” tambahnya.

Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi III KPP Pratama Mempawah Uray Hidayat menyampaikan materi tentang tatacara pengisian SPT Tahunan melalui e filling. Ia menyampaikan bahwa cara penyampaian SPT Tahunan secara elektronik dilakukan secara online  dan real time melalui internet pada website DJP www.djponline.pajak.go.id.

Menurutnya, keuntungan lapor SPT dengan e-filing cepat, aman, dan kapan saja, murah, tidak dikenakan biaya pada saat pelaporan SPT, penghitungan dilakukan secara tepat karena menggunakan sistem komputer.

“Kemudahan dalam mengisi SPT karena pengisian SPT dalam bentuk panduan, data yang disampaikan WP selalu lengkap karena ada validasi pengisian SPT, dan ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas,” ujarnya. (r/*)

loading...