Angkat Nama Ikan Guppy Lewat Kompetisi

KONTES GUPPY : Ratusan ikan guppy bertarung dalam Pontianak Nasional Guppy Kontes, Sabtu (16/8).SITI/PONTIANAKPOST

PONTIANAK – Lekuk tubuh gemulai itu meliuk di tengah proses penilaian oleh juri. Motif yang kuat, dan warna yang pekat melekat, membuat siapapun yang memandang akan terkagum. Mereka adalah para ikan guppy yang dikonteskan dalam kegiatan Pontianak Nasional Guppy Kontes yang digelar pada Sabtu (16/8).

“Kegiatan ini kami gelar sebagai ajang silaturahmi antar sesama pencinta ikan guppy, sekaligus menaikkan nama ikan ini,” kata Alvianto, ketua panitia kegiatan.

Pihaknya juga ingin mengenalkan kepada masyarakat luas, bahwa ada banyak jenis ikan guppy yang ada di dunia, termasuk di Kalimantan Barat. Ikan guppy yang diketahui masyarakat luas saat ini masih terbatas dengan warna yang itu-itu saja. Padahal, ada banyak jenis ikan guppy, dengan berbagai macam motif dan warna.

“Semua jenis ikan (guppy) kita ikutkan kontes. Dari sinilah kita juga bisa sekalian memperbarui jenis ikannya,”kata dia.

Ada sekitar 200 peserta yang ikut dalam kontes itu. Mereka berasal dari berbagai daerah di tanah air, mulai dari Jawa, Sumatera, hingga Kalimantan. Mereka mengikuti kontes dari beberapa kelas yang dipertandingkan. Beberapa di antaranya adalah kelas solid, dan kelas corak, dan terdiri dari beberapa jenis ikan.

Dari kontes ini, nantinya pemenang akan bertarung dalam kontes ikan guppy internasional. Menurut Alvianto, guppy dari Indonesia cukup diperhitungkan di kancah internasional. Terbukti, peminat ikan ini cukup besar. Tak hanya pangsa pasar lokal tetapi juga internasional. Sejauh ini, para pencinta ikan guppy yang kerap ikut kontes menerima orderan dari berbagai daerah, seperti di China, Taiwan, Malaysia, Amerika Serikat, dan negara-negara lainnya.

“Beberapa kawan-kawan bisa menjual guppy dengan harga yang bagus setelah mengikuti kontes-kontes. Nama mereka juga semakin dikenal sehingga membuka peluang pasar yang lebih besar,” tutur dia.

Kontes ini rencananya akan digelar secara rutin, mulai dari tataran regional, nasional, serta internasional. Di Kalbar sendiri, pihaknya berencana menggelar setiap bulan. sementara tingkat nasional, minimal bisa direalisasikan setahun sekali. Pihaknya juga menargetkan Kalbar bisa menjadi tuan rumah kontes guppy internasional. (sti)

error: Content is protected !!