Antrean LPG Mulai Berkurang

MULAI LANCAR: Pasca Iduladha jumlah antrean LPG subsidi di Pontianak mulai menurun di Pasar Rakyat Siantan. Pertamina sebelumnya membanjiri pasar LPG 3 kilogram  Kalbar sebanyak 150 ribu tabung. ARISTONO/PONTIANAK POST

PONTIANAK – Setelah membanjiri LPG subsidi tambahan dan menggencarkan operasi pasar di berbagai titik di Kalimantan Barat, antrean masyarakat tampak berkurang. Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan, sendiri telah melakukan penambahan stok LPG subsidi sebanyak 149.160 tabung yang disalurkan secara bertahap mulai dari 30 Juli hingga 5 Agustus 2020 di wilayah Provinsi Kalbar.

Selain itu Sales Branch Manajer Pertamina Wilayah I Kalbar, Farid Akbar mengatakan, operasi pasar serentak di Pontianak, Kubu Raya, Sambas, Mempawah dan daerah lain. Di Pontianak, sendiri digelar operasi serentak di semua kecamatan.

“Digelar pihaknya bekerjasama dengan Diskumdag Kota Pontianak di lima titik secara serentak di Pontianak, mulai menunjukkan hasil positif atau mulai terlihat adanya penurunan permintaan pembelian LPG tiga kilogram oleh konsumen dibandingkan pada saat operasi pasar yang telah dilakukan sebelumnya,” ujarnya, kemarin (2/8).

Pasca Iduladha pun tampak operasi pasar yang digelar menurun jauh antreannya. “Malah operasi pasar di kawasan Pasar Rakyat Terminal Agro di Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara yang dimulai pukul 11.99 WIB hingga sekarang sebanyak 560 tabung LPG subsidi belum juga habis dibeli oleh masyarakat,” kata dia.

Dia menduga kebutuhan masyarakat akan LPG subsidi di beberapa lokasi di Kota Pontianak sudah tercover dengan baik, Terutama paska gencarnya Pertamina dan Diskumdag Kota Pontianak melakukan operasi pasar LPG bersubsidi.

“Untuk operasi pasar di kawasan Pasar Rakyat Terminal Agro tersebut, hari ini direncanakan menjual sebanyak 560 tabung LPG tiga kilogram, hingga habis dibeli atau hingga pukul 19.30 WIB,” ungkapnya.

Gencarnya operasi pasar dilakukan oleh pihaknya bekerjasama dengan Pemkot Pontianak, melalui Diskumdag Kota Pontianak adalah upaya untuk memenuhi tingginya permintaan masyarakat akan LPG subsidi menjelang dan sesudah Lebaran Iduladha di Kota Pontianak dan Kalbar umumnya.

“Hingga beberapa hari ke depan kami akan terus memantau kondisi dilapangan dan akan melakukan operasi pasar sesuai dengan permintaan dan kebutuhan masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan LPG subsidi di lapangan” ujarnya.

Terakhir, Sabtu (1/8) Pertamina bekerjasama dengan Diskumdag Kota Pontianak menggelar operasi pasar LPG subsidi di lima titik, yakni di kawasan pemukiman Sultan Pontianak, Kampung Luar Darat Keraton Pontianak, Kecamatan Pontianak Timur; kemudian di depan SMA Terpadu, Kecamatan Pontianak Timur; halaman Pasar Dahlia, Kecamatan Pontianak Barat; halaman Pasar Rakyat Terminal Agro, Kecamatan Pontianak Utara; dan halaman Rusunawa Jalan Harapan Jaya, Kecamatan Pontianak Kota dengan masing-masing sebanyak 560 tabung atau sebanyak 2.800 tabung LPG subsidi. (ars)

loading...