Api Lahap 10 Ruko Pasar Inpres

DILAHAP API: Pemadam Kebakaran saat sedang bahu-membahu berupaya memadamkan api, Kamis (1/10). ARIS MUNANDAR/PONTIANAK POST  

SINTANG – Terjadi kebakaran yang menghanguskan beberapa ruko di Pasar Inpres, tepatnya di Jalan Partisipasi Sintang dan membuat panik warga. Enam unit pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi untuk memadamkan api, Kamis (1/10).

Lokasi yang berdekatan dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ade Mohammad Djoen membuat perawat dan keluarga nampak sibuk mengevakuasi pasien. “Kita ungsikan ke Kantor Bupati,” ujar perawat dari RSUD Ade Mohammad Djoen.

Warga yang berada di sekitar lokasi kebakaran mengatakan, api mulai muncul pada pukul 16.00. Sebelum pemadam kebakaran, warga telah berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

Kepala Satuan Polisi Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Sintang, Martin Nandung menyampaikan, pihaknya baru mendapat informasi dari warga 16.35 dan langsung mendatangi lokasi kebakaran. Ia mengatakan, sulitnya mencapai titik air menjadi kendala dalam memadamkan kebakaran tersebut.

“Kendala kita adalah minimnya air tapi kita terus bersinergi untuk mengupayakan ketersediaan air. Informasi sementara, ada 9 atau 10 ruko yang terbakar,” katanya.

Ia menambahkan, pada peristiwa kebakaran ini pihaknya menurunkan armada dan personil dengan kekuatan penuh yaitu enam armada dan dua water suplay. Ratusan personil dari berbagai lini seperti Satpol PP, Pemadam Kebakaran (Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Busera ikut memadamkan api dan mengamankan lokasi kejadian.

“Bangunan di kawasan sini sudah ada blok yang memudahkan untuk pemadaman. Meski berbatasan dengan Bank BRI, api tidak sempat menjalar ke bangunan tersebut,” ucap Martin Nandung.

Sampai saat berita ini ditulis, belum diketahui penyebab api dan berapa kerugian yang ditimbulkan oleh kebakaran ini. “Untuk penyebab dan kerugian nanti kita serahkan pada pihak berwenang,” pungkasnya. (ris)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!