Api Ludeskan 15 Ruko di Pemangkat

Bengkel, Penginapan, Warkop, Rumah Makan Ludes

SAMBAS – Paska kebakaran belasan ruko di Jalan Nusantara Pemangkat pada Selasa (27/8) kemarin, petugas kepolisian, pemadam kebakaran serta pihak terkait lainnya pada Rabu (28/8) terlihat masih berada di lokasi kebakaran.

Nampak juga bentangan garis polisi di tempat kejadian sudah dipasang. Asap sisa kebakaran, masih juga terlihat di lokasi tersebut. Petugas pemadam menyemprotkan air di beberapa titik guna pastikan api benar-benar padam. Puing-puing sisa kebakaran dan aroma kayu terbakar juga tercium saat berada di lokasi kejadian.

Salah satu pemilik ruko yang terbakar, Cen Kong Jau mengaku saat kejadian, diri berada didalam ruko bersama anak-anaknya, diberi tahu sama istrinya ada kebakaran.

“Saya didalam, tahu dari istri kalau ada kebakaran,” kata Cen Kong Jau pemilik Ruko Harapan Motor. Tanpa berpikir panjang, dirinya pun lari keluar bersama dengan anggota keluarga lainnya.

“Istri sudah lari dulu, karena rasanya mau pingsan. Saya sama anak, ambil surat-surat penting sebelum keluar juga,” kata Cen Kong, Rabu (28/8).

Cen Kong Jau dan sejumlah korban lainnya, mengaku karena selain tempat usaha juga tempat tinggal. Diantaranya paska kejadian ini, ada yang menumpang di rumah keluarga atau kerabatnya.

Sementara itu, data dari pihak Kecamatan Pemangkat terdata ada 15 pemilik yang rukonya terbakar. Jumlah ini juga sama dengan informasi yang diterima dari pihak kepolisian. Hanya saja, dari 15 pemilik tersebut, diantaranya memiliki dua ruko (satu orang dua pintu).

Seperti ruko toko bernama Optus ada dua pintu, Milie 2 pintu, BRI dua pintu, CNK dua pintu. Sedangkan masing-masing satu pintu adalah Ruko Ponti Ekspers, rumah Ajin, Pegadaian, Warkop Harum Abadi, Rumah Makan Roda Beringin, Afung Teknik, Bengkel Motor Ajau, Borneo Star, Cipta Jaya, Sinar Padang, penginapan Melati ditambah Penginapan Puncak yang terkena api.

Camat Pemangkat, Slamet Riadi SH menyebutkan kebakaran yang diperkirakan terjadi Selasa (27/8) sektiar pukul 17.20 WIB tersebut terjadi di Jalan Nusantara Pemangkat. Api berhasil dipadamkan kurang lebih pukul 20.15 WIB. Namun sekitar pukul 23.00 WIB dibagian atas Penginapan Puncak api kembali menyala, dan saat itu bisa langsung dikendalikan petugas pemadam kebakaran.

Ada sekitar sembilan Badan Pemadam Kebakaran turun, dari BPKS Pemangkat, Damkar Pemangkat, Tebas, Selakau, Sambas, Semparuk, Sentebang, Basarnas, Polres Sambas, serta dari BPKS Singkawang dan masyarakat.

Kemudian untuk pengamanan, turun dari jajaran Polsek Pemangkat, Koramil 1202 Pemangkat, Kompi B 645/GTY, Satpol PP.

Sementara itu, mengenai korban jiwa. Informasi yang dihimpun Koran ini masih simpang siur. Petugas kepolisian masih melakukan pemeriksaan, kemudian mendata pemilik ruko yang terbakar. Termasuk total kerugian belum bisa ditaksir. Sebagai upaya tindak lanjut, kepolisian sudah memasang garis polisi di TKP, jika diperlukan akan mendirikan tenda komando sebagai Posko sementara dan personil Pam. (fah)

Read Previous

Musim Buah Tiba,Volume Sampah Meningkat

Read Next

Remaja 18 Tahun Edarkan Narkotika

Tinggalkan Balasan

Most Popular