Aplikasi Karya Putra Putri Daerah, Solusi Belajar Daring Selama Pandemi

Kepala Disdikbud Kalbar Sugeng Haryadi saat memperkenalkan aplikasi GoodEdu di Ruang DAR, Kantor Gubernur Kalbar, Senin (26/10). foto Istimewa

PONTIANAK-Pemerintah Provinsi (Pemprov)Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) mendukung adanya aplikasi yang menjadi sebuah ekosistem digital untuk membantu pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Salah satunya aplikasi karya putra dan putri Kalbar GoodEdu yang bisa membantu para guru, pelajar dan orang tua melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan mudah.

Kepala Disdikbud Kalbar Sugeng Haryadi mengungkapkan, pihaknya menggandeng GoodEdu untuk memberikan kemudahan dalam pembelajaran secara daring.

“Kami menyambut baik aplikasi GoodEdu dimana pemerintah melalui Disdikbud dapat mengawasi proses belajar mengajar terutama para guru yang memberikan materi pembelajaran, sehingga akan memudahkan koordinasi,” ungkapnya saat peluncuran di ruang DAR, Kantor Gubernur Kalbar, Senin (26/10).

Aplikasi tersebut menurutnya memiliki beragam fitur yang menarik. Seperi ruang tanya jawab yang bisa dimanfaatkan pelajar untuk bertanya dengan guru. “Dengan begitu meski secara online tetap ada interaksi pembelajaran dua arah antara guru dan murid,” katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama GoodEdu Firman Cahyadi menjelaskan, penggunaan aplikasi GoodEdu sangat membantu pelajar terutama dalam penghematan data saat proses belajar melalui daring. Dengan aplikasi itu mampu menghemat penggunaan paket data siswa sehingga lebih efektif dan efisien. Sebagai perbandingan dalam 1 GB aplikasi GoodEdu mampu memberikan penghematan paket data setara dengan 2,8 jam belajar.

Sementara itu, Komisaris PT Kita Super Tim Ratri Kanti Restu menambahkan, aplikasi GoodEdu adalah aplikasi yang diciptakan oleh putra putri asli Kalbar. Sehingga merupakan suatu kebanggaan tersendiri, bahwa putra putri daerah mampu menciptakan aplikasi dalam membantu dunia pendidikan terutama di masa pandemi Covid-19.

“GooeEdu adalah hasil karya putra putri Kalbar, di masa pandemi ini mereka tetap kreatif memberikan solusi agar belajar menjadi mudah dan menyenangkan. Kami sangat memberikan apresiasi yang tinggi dengan memberikan wadah sebuah karya yang luar biasa,” imbuhnya.

Seperti diketahui aplikasi GoodEdu bisa dipergunakan sampai kapanpun. Bahkan para guru bisa menjadi handal dalam memberikan presentasi saat pengajaran. Hingga para guru bisa mengikuti tren saat ini, seperti layaknya seorang conten creator atau youtuber.(bar/r)

error: Content is protected !!