Apresiasi Pengakuan Bupati Melawi dan Keluarga Terpapar Covid-19

PONTIANAK—Ketua DPP DPP Partai Nasdem teritorial Kalimantan sekaligus Ketua DPW Partai Nasdem Kalbar, Syarief Abdullah Alkadrie menanggapi pemberitaan terkait Bupati Melawi, Panji S,sos sekaligus Ketua NasDem Melawi yang terpapar positif virus Covid-19 bersama lima anggota keluarganya.

“Saya pikir tidak ada masalah. Artinya virus corona ini kan virus. Sehingga siapapun sangat besar kemungkinan terjangkiti, terutama yang pernah kontak dengan yang sudah terjangkiti sebelumnya,” katanya memberikan penjelasan terkait salah satu video kadernya beredar luas di dunia maya.

Menurutnya Bupati Melawi adalah pejabat publik. Sepertinya sering melakukan kontak terkait urusan pekerjaan. Apalagi menantu beliau adalah seorang dokter. ”Jadi saya pikir sangat berpotensi terjangkiti Covid-19. Namun, jangan diartikan bahwa terjangkiti adalah suatu aib atau stigma negatif lain,” ucap dia.

Harusnya, lanjut, Syarif sosok Bupati Panji g harus diberi apresiasi karena keteladanan, keterbukaan dan kejujurannya memberitahukan publik tentang Covid-19.

“Beliau sendiri (Bupati Panji) secara terbuka mengumumkan bahwa dia dan keluarganya positif . Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang berpraduga macam-macam. Beliau juga mengumumkan siap melakukan isolasi diri dalam rangka penyembuhan dan mencegah penularan ke orang lain. Ini keteladanan luar biasa,” katanya.

Selama ini selama ada pandemi Covid-19 berlangsung, sangat sulit menemukan ada orang mengaku positif, meski ada juga mengakui terang-terangan. Bahkan, di beberapa daerah ada yang ngamuk-ngamuk tidak terima ketika didatangi petugas kesehatan di rumahnya. Atau ketika ada isu seseorang positif Covid-19 dan sebagainya.

“Bahkan ada yang sudah positif terjangkiti tetapi justru menyembunyikan. Ini kan bahaya,” jelasnya.(den)

loading...