Aroma Khas Herbs & Parsley Kering

for her

Italian Food

Makanan Italia terkenal gurih yang biasanya berasal dari keju. Tapi, ternyata ada bahan lain yang juga memperkuat aroma dan rasa. Yakni, rempah-rempah khas Italian (herbs) dan taburan daun parsley kering.

Oleh: Ghea Lidyaza Safitri

Masakan Italia terkenal dengan pizza dan pasta. Padahal, ada makanan lain yang tak kalah menggoda. Ada baked fusilli, kentang panggang, serta mentai ayam dan salmon.

Owner Jajan Yuk Pontianak, Ayu Azhari Nasution mengatakan baked fusilli merupakan olahan dari bahan dasar makaroni berbentuk fusilli. Kemudian, ditambah kornet, susu, telur, dan wortel. Tak lupa ditambahkan saus beraroma Italian herbs. Baked fusilli panggang ini terasa sangat crunchy di bagian luar dan lembut serta super creamy di dalam. Tak lupa dilengkapi topping keju di bagian atas untuk memperkaya rasa.

Cita rasa kentang panggang juga tak kalah nikmat. Saus yang digunakan sama dengan baked fusilli. Proses olahannya juga sama-sama dipanggang dan diberi topping keju. Bedanya hanya penggunaan bahan dasarnya, yaitu kentang.

“Untuk kedua menu tersebut akan lebih nikmat disantap dalam keadaan hangat dan diberi saus sambal,” ujar Ayu.

Sedangkan mentai ada dua varian, yaitu ayam dan salmon. Layer di dalam satu porsi mentai terdiri dari nasi, nori, crab stick, ayam atau salmon. Setelah itu, ditutup dengan saus mentai pada bagian atas.
Rasa mentai ini cukup unik karena sausnya terbuat dari kaldu jamur. Nasinya juga bukan nasi putih biasa, melainkan memiliki aroma butter berpadu dengan aroma Italian herbs. Seperti menggabungkan antara masakan Italia dan Jepang.

Menurut Ayu, Italian herbs jadi bahan utama untuk menambah rasa makanan Italia. Selain Italian herbs, Ayu juga menaburi daun parsley kering. Kedua bahan ini menjadi ciri khas masakan ala Jajan Yuk Pontianak. **

loading...