Sasar Jantung Pemukiman Warga
Astra dan Kelurahan Gelar Vaksinasi di Sungai Jawi

PONTIANAK – Setelah sukses dengan program vaksinasi untuk seluruh karyawan yang tergabung dalam Grup Astra International se-Kalimantan Barat, kelompok usaha ini kini menggelar vaksinasi untuk masyarakat RW 21, Kelurahan Pal 3 Sungai Jawi, Pontianak Kota.

Grup Astra Kalbar dalam hal ini bekerjasama dengan Kelurahan Sungai Jawi, Puskesmas Sungai Jawi, dan RW setempat di lapangan burung, Jalan Kemakmuran, Gang Keluarga, Kamis (14/10).

“Program yang diselenggarakan demi mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi kepada masyarakat,” ujar Muhammad Sukri Nasution, perwakilan Grup Astra Kalbar kepada Pontianak Post.

Program vaksinasi ini diperuntukan bagi masyarakat berusia 12 – 55 tahun, khususnya warga RW 21. Panitia menargetkan 300 warga yang ikut dalam vaksinasi tersebut.

 

Pantauan Pontianak Post, ratusan orang terlihat mengantre untuk mendapatkan suntikan vaksin sejak pagi hari sekira jam tujuh hungga siang hari.

“Partisipasi serta animo masyarakat yang tinggi dengan kehadiran giat ini membuktikan bahwa kesadaran untuk melindungi diri dan lingkungannya sangat tinggi,” ujarnya.

Panitia pelaksana dari pemerintah setempat, Hamidan menyebut vaksinasi yang langsung menyasar warga dalam satu kawasan ini cukup efektif. Menurutnya, warga sendiri melalui RW 21 lah yang meminta diadakan vaksinasi di lokasi mereka. “Bila ada permintaan warga kita siap untuk melakukan vaksinasi seperti ini,” sebut dia.

Menurutnya upaya jemput bola yang mendekatkan diri kepada masyarakat sangat efektif digelar pada kondisi saat ini. Terutama untuk memaksimalkan jangkauan vaksinasi khususnya di Pontianak.

“Dengan adanya program vaksinasi ini, diharapkan dapat membentuk imunitas masyarakat terhadap Covid-19, sehingga mampu mempercepat pemulihan perekonomian Indonesia, khususnya Pontianak,” ujarnya.

Pihaknya juga mengapresiasi Grup Astra Kalbar dalam upaya meningkatkan kekebalan komunal terhadap virus corona di Kelurahan Sungai Jawi. Strategi percepatan vaksinasi pemerintah yang berkolaborasi dengan swasta mampu menjangkau luas target vaksinasi.

Kolaborasi tersebut membuat angka penduduk yang telah divaksin kian tinggi. “Hal ini tidak lepas berkat kolaborasi banyak pihak, terutama pemerintah, pihak swasta, dan elemen masyarakat lainnya,” ujar dia.

Dia juga mengapresiasi masyarakat yang telah memiliki kesadaran tinggi untuk melakukan vaksinasi. Begitu juga dengan masyarakat yang mau mengajak keluarga, saudara, dan orang lingkungan sekitar untuk divaksinasi.

Dia berhadap pihak lain juga bisa berkolaboran untuk membuat sentra vaksinasi dibuka sebanyak-banyaknya di berbagai tempat di Sungai Jawi.
Sebagai informasi Kelurahan Sungai Jawi juga merupakan bagian dari binaan Astra International yang masuk dalam program Kampung Berseri Astra (KBA).

KBA merupakan program yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 nilai program, yaitu: pendidikan, kewirausahaan, lingkungan, dan kesehatan.

Melalui program Kampung Berseri Astra, masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayahnya. (her/ars)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!