Ayo Lansia, Vaksin COVID-19

Edy R Yacoeb

PONTIANAK – Ketua Komisi V DPRD Kalimantan Barat, Edy R.Yacoeb mengajak para lansia (lanjut usia) untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19 dari pemerintah yang digelar pada banyak tempat. “Ayo vaksin, tak hanya usia muda. Para lansia ayo jangan takut divaksin COVID-19. Ini demi kebersamaan juga,” katanya belum lama ini di Pontianak.

Menurutnya vaksinasi bagi Lansia yang dilakukan tim Satgas dan tim kesehatan pemerintah tidak serampangan. Sangat prosedural sesuai tahapan dan baik sekali tujuannya. “Jadi tidak asal vaksin. Semua diperiksa kelayakan tubuh para lansia,” ucap.

Program vaksin COVID-19 kepada para lansia memang tidak dilakukan secara sembarangan. Mengingat, sejumlah lansia memiliki penyakit bawaaan. Oleh karenanya, harus benar-benar dipastikan kondisinya benar-benar sehat. Terutama, kepada mereka dengan penyakit bawaan. “Biasanya disertakan hasil pemeriksaan dan surat rekomendasi dokter yang pernah merawat lansia tersebut,” ucapnya.

Biasanya seusai memperoleh surat rekomendasi dan memenuhi persyaratan kesehatan lain vaksinasi kepada para lansia tetap berjalan. “Nah demi memutus rantai penyebaran virus corona, para lansia yang usianya rentan agar divaksin COVID-19,” tukasnya.

Penyuntikan vaksin COVID-19 sekarang sudah dilakukan dibanyak tempat publik. Tak hanya pihak pemerintah, swasta, partai politik, organisasi kemasyarakatan dan lembaga lain ikut bersama-sama melakukan vaksin masal.  “Saya himbau lah kepada seluruh elemen masyarakat Kalbar untuk vaksinasi. Mari kita sukseskan pelaksanaan vaksinasi ini untuk kebaikan semuanya,” tukasnya.

Selain itu, dia juga meminta kepada seluruh elemen terus menghimbau agar penerapan disiplin kesehatan tetap dilaksanakan dengan baik. “Tetap terapkan 3M dan 5M. Lakukan Cuci tangan, memakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan tidak keluar bila tidak terlalu penting. Kesehatan masyarakat adalah hukum tertinggi supaya dapat ditegakkan. Demi kesehatan harus dijaga bersama,” ucapnya.(den)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!