Badan Jembatan di Wajok Hulu Rusak Parah

RUSAK: Kerusakan badan jembatan di Desa Wajok Hulu. WAHYU/PONTIANAKPOST

MEMPAWAH – Kerusakan infrastruktur jalan di Kabupaten Mempawah semakin parah dan mengkhawatirkan. Salah satunya jembatan di KM 10,4 Desa Wajok Hulu, Kecamatan Jongkat. Warga mengaku resah, lantaran kerusakan jembatan itu kerap menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Mengantisipasi hal tak diinginkan, beberapa waktu lalu Polsek Siantan bersama masyarakat setempat memasang plang peringatan. Melalui keberadaan plang tersebut dapat memberikan peringatan kepada masyarakat pengendara agar lebih waspada dan berhati-hati saat melintasi badan jembatan.

Kekhawatiran warga terhadap kerusakan badan jembatan itu sangat beralasan. Sebab, salah satu sisi badan jembatan mengalami penurunan. Jika tak berhati-hati saat melintas, pengendara bisa saja kehilangan kendali dan celaka saat melewati badan jembatan.

“Kami bersama warga sudah memasang plang peringatan di sekitar lokasi jembatan. Agar, msayarakat pengendara bisa lebih waspada saat melewati badan jembatan yang mengalami penurunan,” terang Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, beberapa waktu lalu.

Kapolsek mengatakan, kerusakan badan jembatan di Desa Wajok Hulu itu telah berlangsung sejak beberapa bulan lalu. Dia menduga, kerusakan disebabkan meningkatnya arus lalu lintas dan beban kendaraan yang semakin besar.

“Arus lalu lintas semakin padat dengan tonase kendaraan yang cukup berat. Sementara kekuatan jembatan terbatas sehingga terjadilah penurunan. Sangat beresiko, sewaktu-waktu badan jembatan bisa ambruk,” pendapatnya.

Karena itu, Kapolsek menyebut pentingnya pemasangan plang sebagai bentuk peringatan kepada masyarakat pengendara agar berhati-hati dan waspada saat melewati badan jembatan itu.

“Kita imbau pengendara agar mengurangi kecepatan dan harus berhati-hati ketika melintas di jembatan. Terlebih bagi pengendara dari luar kota yang belum mengetahui kondisi badan jembatan itu,” tukasnya.(wah)

 

error: Content is protected !!