Bagikan Makanan Gratis

MAKANAN: Paket makanan untuk dibagikan kepada pasien Covid-19 yang dirawat di fasilitas layanan kesehatan maupun isolasi mandiri.

MEMPAWAH – Prihatin dengan situasi pandemi Covid-19 di masyarakat, sekelompok kaum ibu di Mempawah menggagas Gerakan Bantu Sobat Isolasi Mandiri (Isoman). Dalam aksinya, mereka membagikan makanan gratis untuk pasien isoman maupun yang menjalani perawatan di RSUD Rubini Mempawah.

Pelaksana Gerakan Bantu Sobat Isoman Mempawah, Dwi Weno menjelaskan aksi sosial tersebut dikoordinir oleh drg Herni Primaywati. Bersama rekan-rekannya, mereka menggelar aksi ini sejak sepekan lalu.

“Sudah kurang lebih sepekan ini kami membagi-bagikan makanan gratis untuk pasien Covid-19 yang sedang isoman maupun perawatan khusus di RSUD Rubini Mempawah,” kata Dwi kepada koran ini, Selasa (27/7) siang di Mempawah.

Ibu dua anak ini menyebut, gerakan Bantu Sobat Isoman merupakan bentuk kepedulian dan keprihatinan mereka terhadap situasi pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung di Kabupaten Mempawah. Terutama bagi pasien positif yang harus menjalani karantina dan perawatan.

“Berangkat dari keprihatinan itulah, kami sepakat untuk menggagas gerakan Bantu Sobat Isoman ini. Mudah-mudahan bantuan makanan ini dapat mempercepat proses pemulihan pasien Covid-19 yang sedang berjuang untuk sembuh,” harap Dwi.

Dwi mengungkapkan, makanan yang disalurkannya merupakan jenis makanan sehat dan bergizi tinggi. Pemilihan menu makanan pun telah diseleksi sedemikian rupa sehingga dapat memberikan manfaat besar bagi pasien Covid-19.

“Biasanya kita berikan paket makanan sehat seperti roti susu, buah-buahan, sayur hidroponik, tempe susu kedelai dan lainnya. Semuanya makanan sehat yang dapat mempercepat proses pemulihan pasien,” tegasnya.

Setiap harinya, lanjut Dwi, 40-50 kotak makanan mereka siapkan untuk didistribusikan kepada pasien isoman maupun di RSUD Rubini Mempawah. Paket makanan biasanya dikirim melalui jasa kurir ke rumah-rumah pasien isoman.

“Lebih dulu kami sudah koordinasi dengan pasien isoman terkait makanan tersebut. Kemudian, kita kirim kurir untuk mengantarkan kerumah-rumah pasien isoman dengan prokes ketat. Biasanya, paket makanan hanya diletakan di depan rumah saja,” ujarnya.

Tak hanya pasien Covid-19, sambung Dwi, mereka juga memberikan paket makanan gratis untuk tenaga kesehatan (nakes) yang sedang berjuang merawat pasien. Mulai dari nakes di RSUD Rubini hingga Puskesmas juga mendapatkan kiriman makanan dari Gerakan Bantu Sobat Isoman.

“Biasanya untuk nakes di RSUD Rubini Mempawah dikirim sebanyak 40 kotak, sedangkan di Puskesmas 10 kotak. Sistemnya bergilir, tidak rutin setiap hari,” sebutnya.

Selain paket makanan, Dwi mengatakan pihaknya juga membantu pasien Covid-19 yang tergolong masyarakat ekonomi rendah. Kebiasaannya, mereka akan memberikan bantuan berupa paket sembako seperti beras 10 kg, susu kotak, gula, roti, sabun mandi, sabun cuci, minyak goreng, telur hingga Vitamin-C.

“Terkait pendanaan, kita melakukan donasi secara internal. Kemudian, kita juga menerima donasi dari teman-teman lain yang ingin berpartisipasi. Dan kami juga membuka donasi bagi masyarakat umum yang ingin membantu pasien Covid-19 bisa menghubungi Rahayu Meslindar  (085349887181) dan Mega Distiawati (081280933740),” pungkasnya.(wah)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!