Bakal Rekrut Kembali, Prioritas Formasi Guru Honor
Pengangkatan 11 Honorer Menjadi PPPK

MENYERAHKAN: Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan SK pada seorang tenaga PPPK Kota Pontianak. ISTIMEWA

Sebelas tenaga honor kategori dua di Pemerintah Kota Pontianak menerima surat keputusan sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Satu orang ditugaskan di Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan. Selebihnya bertugas sebagai guru.

 MIRZA AHMAD MUIN, Pontianak

ADA 11 orang yang diangkat sebagai PPPK. Saya harap mereka bisa bekerja dengan baik di tempat tugas masing-masing,” ujar Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono usai menyerahkan SK pada 11 orang PPPK, Senin (1/3).

Untuk sumber daya manusia di Pemerintahan Kota Pontianak, diakui  Edi, memang masih banyak dibutuhkan. Utamanya di sektor pendidikan, masih banyak kekurangan guru. Belum lagi menutupi para guru yang pensiun setiap tahunnya cukup banyak.

Di tempat sama, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pontianak, Yuni Rosdiah mengatakan, pengangkatan PPPK pada 11 orang ini, merupakan sisa dari kategori dua lalu yang belum diangkat. Mereka dikontrak selama lima tahun kerja.

Artinya pengangkatan PPPK ini bukan merupakan usulan baru BKPSDM. Sebelumnya, data mereka bahkan sudah terdaftar di Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Artinya mereka ini sudah lama mengabdi sebagai guru. Satu lagi penempatan tugas PPPK-nya di Dinas Pangan Pertanian dan Peternakan Kota Pontianak.

Untuk pembayaran gaji, mereka ini ditanggung Pemerintah pusat. Namun untuk tunjangan dan lainnya, akan dibayarkan oleh Pemerintah Kota Pontianak. Bicara soal PPPK, tambah Yuni, Pemkot Pontianak rencana tahun ini kembali merekrut. Fokusnya pada tenaga honorer guru yang sudah bekerja lama. Jumlahnya lumayan banyak. “Mudah-mudahan formasi yang diajukan bisa diiakan Pemerintah Pusat. Dengan demikian teman-teman ini bisa terekrut sebagai tenaga PPPK,” katanya.

Soal kekhawatiran teman-teman honorer soal aturan batas umur 35 tahun maksimal tidak diberlakukan dalam penerimaan PPPK ini. “Tidak ada batas usia dalam perekrutan PPPK. Asalkan mereka belum memasuki usia pensiun, tetap bisa ikut PPPK,” tandasnya.(*)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!