Bangun Jalan Utama, Jembatan dan Rabat Beton

RAKOR TMMD: Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili hadiri rapat kerja persiapan pelaksanaan TMD tahun 2019 yang salah satu sasarannya kabupaten Sambas.Istimewa/PONTIANAKPOST

Kabupaten Sambas Sasaran TMMD TNI-AD

Ingin memancing di sungai di bawah gunung Senujuh, ke depan bisa menggunakan mobil. Terutama akses jalan dan jembatan yang dibangun rampung dibangun. Membuka akses menuju daerah Senujuh. Pekerjaan TMMD kali memang menyasar kabupaten Sambas. Khususnya di kaasan Senujuh.

Fahrozy, SAMBAS

KABUPATEN Sambas menjadi salah satu sasaran kabupaten dalam kegiatan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) TNI Angkatan Darat ke 106 Tahun Anggaran 2019 Kalimantan Barat.

Diharapkan ini menjadi pendorong dalam pembangunan Sambas ke depannya. Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili Lc MH menyebutkan sasaran kegiatan TMMD TNI Angkatan Darat ke 106 Tahun Anggaran 2019 di Kalimantan Barat selaras dengan visi misi Kabupaten Sambas. Lantaran, juga ada korelasi yang jelas.

“Sebagai kabupaten yang menjadi sasaran TMMD, tentunya ini sangat baik mendukung visi misi pembangunan di Kabupaten Sambas,” kata Bupati Sambas, saat menghadiri Rapat Koordinasi Teknis di Markas Kodam XII Tpr, yang dipimpin Asisten Teritorial Kodam XII Tpr Kolonel Inf Muhammad Asep Effendi, juga dihadiri Wakil Bupati Kapuas Hulu, Dandim 1202 Skw, Dandim 1206 Kph yang dirangkai dengan Video Conference bersama Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup, Asisten Teritorial KSAD TNI dan seluruh jajaran Kodam yang ada di Indonesia.

Disampaikan Atbah, dalam TMMD ada sasaran pembangunan fisik. Diharapkan, ini senada dengan tekad Pemkab Sambas untuk membuka akses masyarakat Kecamatan Sajad menuju lokasi Gunung Senujuh. Diharapkan, jika akses ini terbangun, akan memberikan kemudahan kepada masyarakat.

“Warga yang ingin menikmati mancing di area sungai dibawah Gunung Senujuh bisa menggunakan mobil kedepannya. Terutama akses jalan dan jembatan yang dibangun, insyaAllah akan membuka akses dan kemudahan menuju daerah Senujuh. Ini sangat sesuai harapan saya, walaupun dalam pekerjaan TMMD kali ini belum bisa mengakomodir hingga ke titik senujuh. Kedepannya akan terus dimanajemen agar akses ini bisa terealisasi dengan baik,” katanya.

Pelaksanaan TMMD Kalimantan Barat dijadwalkan Oktober 2019. Dari 14 Kabupaten Kota, Sambas menjadi satu dari dua Kabupaten di Kalbar yang menjadi sasaran. Seperti disampaikan saat Rakornis, didapati ada 6 sasaran fisik untuk pelaksanaan TMMD di Kabupaten Sambas.

Seperti disampaikan Dandim 1202 Skw, Letkol Arm Victor Jacob Lucas L SSos. 6 sasaran fisik tersebut terkonsentrasi di dua desa di Kecamatan Sajad.

Di Sajad sendiri, kegiatan nanti dipusatkan di Desa Mekar Jaya dan Desa Jirak.
Adapun 6 sasaran fisik diungkapkan Victor yaitu pembangunan jalan sepanjang 2 kilometer, pembangunan jembatan 4×4 meter sebanyak 1 unit, pembangunan jembatan 2×3 meter sebanyak 4 unit, pembangunan jalan rabat beton dengan ukuran 1,5 meter kali 160 meter. 4 sasaran fisik diatas, berada di Desa Mekar Jaya.

Dua sasaran fisik lainnya diarahkan ke Desa Jirak. Yakni pembangunan pagar dan teras musholla Ar Rahma Jirak dan pembangunan penampung air di masjid Al Munawarah Desa Jirak. Selain menyasar program pembangunan fisik, TMMD kali ini, juga menyiapkan pembangunan non fisik.

Yakni berupa penyuluhan-penyuluhan. Untuk petugas penyuluhan, menggandeng instansi yang ada dijajaran pemerintah daerah. Diantaranya seperti penyuluhan wawasan kebangsaan, kamtibmas, cekal tangkal radikalisme, bahaya narkoba, pertanian, keluarga berencana maupun penyuluhan kesehatan lingkungan.(*)

Read Previous

Bakal Digelar Salat Istisqa

Read Next

Upaya Menciptakan P3A yang Berkompetensi Handal

Tinggalkan Balasan

Most Popular