Bangun Usaha Saat Krisis Ekonomi

Krisis ekonomi tahun 1998 menggerakkan Angki Karyati Wahyuningsih untuk membangun usaha. Saat itu dia masih berkarier di dunia perbankan dan merasa khawatir jika kondisi perekonomian membuat tempatnya bekerja gulung tikar. Memanfaatkan jaringan yang ada, Angki pun memulai usahanya.

Oleh : Siti Sulbiyah

Fase sulitnya ekonomi tanah air pada tahun 1998 sempat dirasakan oleh wanita yang saat ini berusia 60 tahun itu. Sang adik, yang juga berkarir di perbankan, merasakan dampaknya terlebih dahulu. Perbankan tempat si adik bekerja kolaps. Sempat muncul kekhawatiran saat itu. Barangkali selanjutnya, bank tempatnya bekerja ikut-ikutan kolaps.

Angki bersama sang adik mencoba mencari rezeki di pintu-pintu yang lain. Bermodalkan usaha katering orang tua, sekaligus jaringan yang ada, keduanya mencoba menawarkan jasa katering ke perusahaan-perusahaan. “Karena waktu itu saya di perbankan bagian marketing, jadi banyak kenal perusahaan-perusahaan,” ungkap Angki.

Rupanya mendapatkan respon yang baik dari mitranya di perusahaan-perusahaan. Di tahun yang sama pula, ia mencoba peruntungan dengan membuka rumah makan, meski pekerjaannya di perbankan belum dilepas. Hingga di tahun 2000, ia baru fokus dengan usaha yang ditekuni. Mulai dari katering hingga rumah makan.

Angki betul-betul memanfaatkan jaringan yang ia miliki, mulai dari keluarga, teman, hingga mitra bisnis saat di perbankan dulu. Sedikit demi sedikit, tetapi pasti. Usaha katering yang beriringan dengan rumah makan itu semakin berkembang. Dari yang dulu hanya melayani puluhan porsi, kini mampu melayani ribuan porsi.  Tak hanya melayani katering di perusahaan-perusahaan, tetapi juga di pesta-pesta pernikahan.

Selain sarana untuk mencari nafkah, bagi ibu dua anak ini, membangun usaha adalah ikhtiar untuk memberikan pekerjaan bagi orang lain. Ia merasa bersyukur apabila banyak orang yang mendapatkan pekerjaan dari usaha yang ia bangun. Saat ini sedikitnya ada sekitar 70 karyawan yang ia pekerjaan, dari yang semula hanya satu orang saat di awal membangun bisnis.

Read Previous

Gabsis Ikut Piala Soeratin Nasional

Read Next

Ayo, Lapor SPT di Awal Tahun

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *