Bank Kalbar dan Pemkab Melawi Kerjasama Pembayaran Pajak

KERJA SAMA : Penandatanganan Kerja Sama antara Bank Kalbar dan Pemkab Melawi dalam hal layanan pembayaran pajak, Senin (3/5). Dokumentasi Bank Kalbar

PONTIANAK – Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Bank Kalbar) terus melakukan ekspansi dalam rangka memperluas penggunaan layanan perbankan. Terbaru, Bank Kalbar bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi bekerja sama dalam penyediaan layanan pembayaran pendapatan daerah.

“Kita berharap kerjasama ini seluruh aktivitas layanan pembayaran pajak dan retribusi daerah di Pemkab Melawi lebih mudah dilakukan,” ungkap Direktur Utama Bank Kalbar, Samsir Ismail, Senin (3/5) sore.

Adapun jasa atau fasilitas layanan perbankan yang diberikan oleh Bank Kalbar ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan pendapatan asli daerah (PAD) sektor pajak daerah, serta mengoptimalkan PAD sektor retribusi daerah. Di sisi lain, upaya ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak daerah dan retribusi daerah, serta meningkatkan kualitas layanan publik kepada Wajib Pajak.

Kerja sama ini meliputi jasa layanan pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah tahun berjalan dan/atau piutang dari Wajib Pajak menggunakan jasa teller, Automatic Teller Machine (ATM), Cash Deposit Machine (CDM), Cash Recycle Machine (CRM),Mobile Banking dan fasilitas pembayaran yang akan dikembangkan di kemudian hari.

Adapun layanan pembayaran pajak daerah pada Badan Pendapatan Daerah yang terdiri dari Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan, Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Mineral Bukan Logam Dan Batuan, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Parkir, Pajak Sarang Burung Walet, Pajak Air Tanah, serta Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Sementara layanan pembayaran retribusi daerah yang terdiri dari Retribusi Pelayanan Persampahan Kebersihan, Retribusi Rumah Potong Hewan, Retribusi Pelayanan Pelabuhan dan Penyeberangan Air, Retribusi Terminal, Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum, Retribusi Pelayanan Kesehatan pada Laboratorium Kesehatan Daerah, Retribusi Pasar Grosir atau Pertokoan, dan lain sebagainya.

Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa, menyambut baik kerjasama penyediaan layanan pembayaran pendapatan daerah dengan Bank Kalbar. Menurutnya kerja sama ini sangat penting dalam rangka mengoptimalkan PAD di kabupaten ini.“Kita ucapkan terima kasih atas kerjasama yang terjalin ini,” ungkap Dadi.

Dia menyebut, secara perlahan Pemkab Melawi akan mewajibkan seluruh Aparatur SIpil Negara (ASN) punya Tabungan di Bank Kalbar. Selama ini, pihaknya bersama DPRD Melawi kerap melakukan komunikasi dengan Bank Kalbar Cabang Melawi, terutama untuk layanan perbankan seperti pembiayaan yang diberikan untuk pembangunan di kabupaten itu. “Selama ini Bank Kalbar telah banyak membantu pemerintah Pemkab Melawi,” tuturnya. (sti)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!